Progres Vaksinasi dan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Indonesia, Wakapolda NTT Ikuti Arahan Kapolri secara Virtual

Progres Vaksinasi dan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Indonesia, Wakapolda NTT Ikuti Arahan Kapolri secara Virtual
Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si saatengikuti arahan Kapolri melalui sarana Video Conference (Vicon) dari Firs Aid Clinic Pelabuhan Tanau Kupang

Tribratanewsntt.com - Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si mengikuti kegiatan arahan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si terkait progres vaksinasi dan penanganan covid-19 varian baru omicron di wilayah Indonesia. Kegiatan ini digelar saat meninjau pelaksanaa vaksin di Firs Aid Clinic Pelabuhan Tanau Kota Kupang, Sabtu (26/2/2022).

Hadir mendampingi Wakapolda NTT dalam kegiatan ini sejumlah pejabat utama Polda NTT diantaranya, Karoops, Dirbinmas, Kabiddokkes dan Kabid TIK. Hadir juga Kapolres Kupang Kota, Dandim 1604 Kupang, Manager Pelayanan Terminal Pelindo Tenau Kupang dan Kadis Kesehatan Kota Kupang.

Dalam kegiatan ini Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menyamapikan bahwa, percepatan vaksinasi, sangat penting dilakukan guna mengurangi angka fatalitas atau tingkat kematian. Berdasarkan survei, vaksinasi dosis kedua bisa meningkatkan imunitas sampai dengan 67 persen dan dosis tiga bisa meningkatkan imunitas sampai 91 persen.

Ia pun mengingatkan bahwa, beberapa waktu lalu Indonesia bisa menangani laju penyebaran Covid-19 varian delta, dimana dalam beberapa waktu tidak terjadi pertumbuhan.

Saat ini varian baru Omicron tengah menyebar, Kapolri meyakini dengan kerja sama seluruh stakeholder dan antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, maka bisa melewati varian Omicron dengan baik.

"Apalagi tingkat fatalitasnya jauh lebih rendah daripada varian yang lama. Namun demikian, tetap ada angka kematian dan khususnya itu muncul di usia rentan yang dosisnya belum lengkap atau komorbid. Jadi ini tentunya jadi sasaran prioritas yang harus terus kita laksanakan," jelas Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Parabowo.

Selain vaksinasi, mantan Kapolri juga menuturkan pentingnya tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan mengurangi mobilitas bagi yang sudah melaksanakan vaksinasi, guna mencegah penularan Covid-19.

"Bagi yang sudah vaksin lengkap tetap jaga prokes, gunakan masker itu harus selalu dilakukan dan kurangi mobilitas ini menjadi salah satu kunci untuk menahan agar transmisi penularan bisa kita kendalikan. Ini hal-hal yang perlu kita sampaikan," tegas Kapolri.

Petugas Vaksinator Urkes Polres Kupang Kota sementara menyuntikan vaksin kepada masyarakat

Sementara vaksinasi yang dilaksanakan di Pelabuhan Tenau Kupang ini merupakan kerja sama Polres Kupang Kota dan Pelindo Tenau Kupang, dimana target dari kegiatan vaksinasi ini adalah 350 dosis, terdiri dari vaksin Dosis 1, 2 dan 3 dengan sasaran vaksin meliputi vaksinasi umum, anak, remaja dan lansia.

Hal ini merupakan upaya dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi sekaligus sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terutama varian baru Omicron.