Kapolda NTT Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Sumba Timur

Kapolda NTT Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Sumba Timur
Kapolda NTT Cek Kesiapan Pengamanan Pilkada di Kabupaten Sumba Timur

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen Pol   Drs. Lotharia Latif S.H., M.Hum., dan Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Eviyanti Nurhayati Latif melakukan kunjungan kerja ke wilayah hukum Polres Sumba Timur, Kamis (17/9/2020).

Ikut mendampingi Kapolda NTT dalam kunjungan ini, Karoops Polda NTT Kombes Pol Ulami Sudjana, S.H., Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufik Tri Admojo dan Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol Jourdy Mailoor, S.I.K.

Adapun tujuan dari kunjungan Kapolda NTT di wilayah Kabupaten Sumba Timur yakni, dalam rangka mengecek dan memantau langsung Kesiapan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Sumba Timur.

Tiba di Mapolres Sumba Timur, Rombongan Kapolda NTT diterima oleh Kapolres Sumba Timur AKBP Handrio Wicaksono, S.I.K. dan seluruh personel Sumba Timur.

Penyambutan ditandai dengan pengalungan selendang khas daerah Sumba Timur dan jajar kehormatan di pintu masuk Mapolres Sumba Timur.

Selanjutnya Kapolda NTT melakukan tatap muka dengan personel Polres Sumba Timur.

Dalam arahannya, Kapolda NTT meminta anggota Polri sebagai garda terdepan dalam melakukan pengawasan dan pengendalian dari lingkungan sendiri dan lingkungan masyarakat sekitar terkait Pandemi Covid-19.

"Lakukan Patroli dan imbauan terhadap masyarakat terkait penerapan Protokol Kesehatan, bagi masyarakat yang melanggar Protokol Kesehatan, agar diberikan teguran secara persuasif, sesuai dengan aturan dan sanksi Perbup pada daerah masing-masing"tegas Kapolda NTT.

Beliau juga berpesan agar selalu mendokumentasikan segala kegiatan menyangkut penanganan pencegahan Covid-19 serta melaporkan pada kesempatan pertama pada pimpinan.

"Dalam bertugas agar seluruh personil paham dan sesuai dengan SOP tugas masing-masing terkait pelaksanaan Pilkada" tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyampaikan tujuh poin Direktif yang harus dipedomani, antar lain, yang pertama tugas adalah amanah dan bagian dari ibadah kita kepada Tuhan yang maha Esa (kerja iklas, kerja keras dan kerja cerdas).

Kedua membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa (profesional, prosedural dan proforsional).

Ketiga turun cepat, lapor cepat dan tindak cepat dalam setiap permasalahan yang muncul dan berpotensi menjadi gangguan Kamtibmas (jangan underestimate), tingkatkan komunikasi, koordinasi dan informasi masing-masing fungsi.

Keempat tingkatkan pembinaan dan kemampuan personil serta penggunaan kekuatan alut dan personil secara tepat, efektif dan efisien.

Lima tingkatkan kebersamaan baik secara personal maupun tugas guna jiwa korsa dan soliditas di internet Polri sendiri.

Keenam jangan sakiti hati rakyat, karena kita juga bagian dari rakyat, menyakitkan hati rakyat sama saja menyakiti diri dan keluarga sendiri.

Ketujuh awali dan akhiri setiap langka dalam tugas kita memberi kedamaian dan kesuksesan dengan berdoa dan selalu memohon rido Allah/Tuhan Yang Maha Esa.

Diakhir arahannya Kapolda NTT meminta seluruh personel Polda NTT agar mendukung kebijakan Presiden RI, yakni meningkatkan ekonomi pariwisata masing-masing daerah.