Kapolda NTT dan Forkopimda Hadiri Kegiatan Vaksinasi Merdeka Serentak di 96 Titik Seluruh Indonesia

Kapolda NTT dan Forkopimda Hadiri Kegiatan Vaksinasi Merdeka Serentak di 96 Titik Seluruh Indonesia
Kapolda NTT dan Forkopimda Hadiri Kegiatan Vaksinasi Merdeka Serentak di 96 Titik Seluruh Indonesia

Tribratanewsntt.com - Vaksinasi Merdeka serentak sinergi Polri bersama Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) hari ini, Rabu (22/9/2021) digelar di Rumah Sakit Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, jalan Jenderal Soeharto, Naikoten 1 Kota Kupang, Rabu (22/9/2021).

Vaksinasi merdeka ini merupakan vaksinasi Serentak Pada 96 Titik di Seluruh Indonesia dengan Sasaran  masyarakat umum serta mahasiswa yang dibuka langsung oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo didampingi oleh Kapolri dan Panglima TNI secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Hadir mengikuti kegiatan ini, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI I.G.Kompiang Aribawa, CHRMP, Danlanud Eltari Kupang Marsma TNI Umar Fathurrohman, S.IP, M.Si, M.Tr.(Han), mewakili Danrem 161/WS Kasipers Korem 161/WS Kolonel Caj. Heru, Walikota Kupang Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, S.E., M.M, Rektor Undana Kupang Prof. Fredrik Lukas Benu dan Ketua BEM Nusantara Wilayah NTT Willy Baldus C. Orlando.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya memenuhi target vaksinasi, dalam memutus penyebaran virus covid-19 sehingga dapat mencapai Herd Immunity ( kekebalan kelompok) yakni ketika sebagian besar (70 persen ) orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

Pelaksanaan vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan di wilayah NTT yakni di RS Undana dan IAKN akan dilaksanakan selama dua hari dengan menargetkan 4000 dosis dengan dukungan tim Vaksinator dari Polres Kupang Kota dan Rumah Sakit Undana Kupang, Biddokkes Polda NTT dan Dinas Kesehatan Kota Kupang.

Kapolda NTT pada kesempatan ini menyampaikan bahwa, di NTT hari ini tidak saja dilaksanakan di Undana tetapi juga dilaksanakan di Kampus IAKN dan telah dilaksanakan dibeberapa kampus sebelumnya. Hal ini merupakan kerja sama sinergitas dari TNI Polri dan Pemerintah Provinsi NTT serta Pemerintah Kota Kupang.

"Hari Ini dilaksanakan tidak di Undana saja tetapi juga di IAKN juga dilaksanakan dan berapa waktu lalu juga dilaksanakan di beberapa Universitas seperti di Sikka Unipa. Kegiatan ini atas kerja sama sinergitas dari TNI Polri, Pemerintah Provinsi, Pemerinta Kota", uajar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Kapolda NTT juga menyamapikan bahwa saat membuka kegiatan ini, Presiden memberikan saran yakni yang pertama agar melakukan percepatan vaksinasi dan yang kedua agar tetap menjaga serta menguatkan protokol kesehatan.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Rektor Undana Kupang dan BEM Nusantara atas terselenggaranya kegiatan vaksin ini. Ia pun menyatakan akan terus melanjutkan program ini dengan harapan kuota vaksin ditambah.

"Kita akan siapkan dan kita akan terus melakukan kegiatan ini dengan harapan bisa nantinya tercapai 70 persen harapan dalam waktu dekat", ucap Kapolda NTT.

Sementara itu, Rektor Undana Kupang menyamapikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Polri dalam hal ini Kapolda NTT dan jajaran yang telah berkenan bekerja sama dengan Undana.

"Kita mengucapkan terima kasih banyak kepada pimpinan Polri dalam hal ini Pak Kapolda NTT yang sudah berkenan bekerja sama dengan kami Undana. Targetnya yang dilaksanakan hari ini dengan difasilitasi oleh BEM Nusantara kita targetnya untuk hari ini 2000 dosis, muda-mudahan mencapai 4000 dan saya percaya bahwa, kalau kita gerakan semua elemen kita bisa mencapai target itu", ujar Prof.Fredrik Lukas Benu.

Ia berharap program ini tetap dilaksanakan dan menyamapikan terima kasih kepada Polri dan pihak lain yang ingin bekerja sama membantu program percepatan vaksinasi.

"Harapan kami program seperti ini tetap kami laksanakan dan terima kasih banyak bukan saja kepada Polri tetapi pihak lain yang ingin bekerja sama dengan kami. Kami tetap menyiapkan fasilitas dan juga tenaga medis maupun para medis untuk membantu program ini sehingga kita sama-sama bukan saja hanya Undana tetapi semua komponen masyarakat kita saling membantu program ini untuk mempercepat target kita melakukan vaksinasi di NTT khususnya di Kota Kupang", pungkasnya.