Tarian Cakalele Sambut Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., di Mapolda NTT

Tarian Cakalele Sambut Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., di Mapolda NTT

Tribratanewsntt.com - Tiba di Markas Komando Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Mapolda NTT) Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., bersama Istri Ny. Vera Christina Asadoma, M.Sc., disambut hangat dengan Tarian Cakalele dari Kabupaten Alor, Kamis (20/10/2022).

Menginjakan kaki di Mapolda NTT sekitar pukul 12.30 Wita. Kapolda NTT beserta Ibu diterima oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto dengan pengalungan selendang kain tenun khas NTT dan bunga serta penyerahan buket bunga kepada Ibu Kapolda NTT oleh Ibu Irwasda Polda NTT.

Kemudian disambut dengan jajaran kehormatan dan diterima secara adat Natoni (Timor) oleh para Tua adat dan dilanjutkan Tarian Cakalele dari Alor.

Tarian Cakalele adalah tarian adat warisan leluhur (nenek moyang) Alor kepada masyarakat Alor. Dimanapun mereka tinggal, Tari Cakalele akan terus dilestarikan. Tari Cakalele merupakan tarian perang yang sangat syarat akan makna dan keunikannya.

Tari Cakalele lebih sering digunakan untuk menyambut tamu kehormatan atau ditampilkan dalam pementasan-pementasan.

Selanjutnya diiringi tarian Cakalele, Kapolda bersama Ibu langsung diarahkan mengikuti upacara tradisi Pedang Pora.

Setelah upacara Pedang Pora, Kapolda NTT disambut oleh para Pejabat Utama, Kapolresta Kupang Kota dan para Kapolres jajaran beserta Ibu menuju Lobby Mapolda NTT yang sudah ditunggu oleh Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., didampingi Istri Ny. Henny Setyobudi.

Seperti kita ketahui bersama, Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., yang kini menjabat menjadi Kapolda NTT sebelumnya menjabat sebagai Kadivhubinter Polri. Sedangkan Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., akan melaksanakan tugas sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., resmi menjabat Kapolda NTT setelah dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., mengantikan Irjen Pol. Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., pada Rabu (18/10/2022) lalu di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Mutasi serta promosi jabatan di lingkungan Polri tersebut tercantum berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2224/X/Kep/2022 tanggal 14 Oktober 2022.