Kapolda NTT didampingi Kadivhubinter Polri Cek Langsung Pos Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kapolda NTT

Kapolda NTT didampingi Kadivhubinter Polri Cek Langsung Pos Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Tribratanewsntt.com,- Kapolda NTT Irjen. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. didampingi Katim Supervisi Ops Lilin Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum mengecek langsung kesiapan pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kamis (24/12/2020).

Pengecekan tersebut dilaksanakan dalam rangka melihat secara secara langsung situasi Kamtibmas di lapangan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas tetap Kondusif menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Selain Kadivhubinter, Kapolda NTT jiga didampingi tim supervisi Ops Lilin Kombes Pol. Rivai Sinambela dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Johannes Bangun, S.Sos., S.I.K., serta Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya P. P. T. Binti, S.I.K.memantau situasi Kamtibmas pada pelaksanaan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di beberapa titik di Kota Kupang yakni Gereja, pelabuhan, bandara, tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

Alasan dikunjungi selain karena mengecek kesiapan personil Polri yang melaksanakan pam di pos pengamanan dan pos pelayanan, juga untuk mengecek keluar masuknya penumpang ke NTT melalui jalur laut dan udara. Dan gereja tempat melaksanakan misa Natal yang sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Disela-sela kegiatan, Kapolda NTT mengatakan bahwa pengecekan tersebut dilaksanakan dalam rangka memastikan kesiapan personel, sarana dan prasarana dalam pelaksanaan tugas pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Pengecekan ini dilakukan guna memastikan kesiapan petugas dilapangan dan memberikan apresiasi serta motivasi terhadap anggota serta mengecek situasi dan kondisi dilapangan yang mengedepankan protokol kesehatan Covid-19” ujar Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum.

Selain itu, Pos-pos Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 yang diisi oleh TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Instansi terkait lainnya merupakan bentuk kehadiran Negara ditengah-tengah masyarakat guna menciptakan situasi kondusif pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Lanjut Kapolda, “selain menjaga situasi Kamtibmas, Personel Pengamanan juga melakukan penertiban dan himbauan Penerapan Protokol Kesehatan, Bagaimana situasi aman Kondusif dan bebas dari Covid-19”.

“diiimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, serta bagi masyarakat yang merayakan Natal untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan aman dan sehat”tambahnya.

Pada pengamanan perayaan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021 Polda NTT menyiapkan kekuatan personel 3.904 orang  terdiri polri 1.428, Inskait 2.476 (wilayah NTT) khusus wilayah kota Kupang jumlah gereja 154.

Untuk wilayah Kota Kupang diperkuat 338 personel terdiri dari polda 218 dan Polres Kupang Kota 120 orang personel.

Jumlah Pos Pengamanan Gereja di wilayah kota Kupang ada 7 dengan kekuatan 79 orang personel Pam yang terdiri dari 70 personel Polri ditambah 3 orang personel TNI serta 3 Dishub dan 3 Pol PP.

"Potensi kerawanan di NTT ini adalah berkumpulnya massa di masa pandemic covid 19. Kami sudah melakukan koordinasi dengan untuk palaksanaan misa natal dilakukan 3 sampai  dengan 4 kali  sehari dan waktu pelaksanaan dikurangi yang bisanya 2 jam menjadi 1 jam"pungkas Kapolda NTT.

Kapolda dan Kadiv Hubinter Polri juga memantau pos pengamanan dan berdialog dengan anggota TNI dan polri yang bertugas di pos pengamanan. Kepada petugas di pos pengamanan, Kapolda menyerahkan bingkisan natal.