Kapolda NTT Didampingi Wakapolda Pimpin Rapat Rencana Pengamanan Super VVIP Pertemuan G20 tahun 2023 di Labuan Bajo

Kapolda NTT Didampingi Wakapolda Pimpin Rapat Rencana Pengamanan Super VVIP Pertemuan G20 tahun 2023 di Labuan Bajo
Kapolda NTT Didampingi Wakapolda Pimpin Rapat Rencana Pengamanan Super VVIP Pertemuan G20 tahun 2023 di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum didampingi oleh Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si pimpin rapat bersama Para Pejabat Utama Polda NTT, Jumat (25/9/2020).

Rapat yang dilaksanakan di Aula Mako Ditpolair Polda NTT ini membahas terkait persiapan pengamanan super VVIP pertemuan G20 di Labuan Bajo tahun 2023 mendatang serta Labuan Bajo sebagai Destinasi Wisata Premium.

"Hari ini merupakan rapat perihal Pengamanan Labuan Bajo dalam tiga dimensi yakni, Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Premium, Labuan Bajo sebagai lokasi kegiatan pertemuan G20 tahun 2023 mendatang dan pengamanan super VVIP", ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dikatakannya, ada atensi khusus dari Presiden RI kepada Kapolri perihal perencanaan pengamanan dimaksud dengan penjuru yaitu, Kabahrkam Polri.

Terkait hal itu, Kapolda NTT menyampaikan bahwa, Polda NTT akan menyiapkan produk terkait perencanaan pengamanan berupa renpam serta sprint yang nantinya akan diserahkan kepada Kabaharkam Polri.

Dalam rapat ini, Kapolda NTT juga meminta agar dipersiapkan para personel yang memiliki kemampuan seperti keahlian bahasa, public speaking dan keahlian beladiri yang nantinya akan ditempatkan di Labuan Bajo.

"Harus ada rencana induk pengamanan destinasi super premium untuk siap operasional terlepas dari rencana simulasi dari Baharkam Mabes Polri pada bulan November ini, tunjuk siapa penjuru dari ketiga dimensi pengamanan di Labuan Bajo", pintanya.

Disamping itu, ia juga menekankan agar disiapkan protokol dan ketetapan (protap) sebagai panduan tindakan Kepolisian.

"Perihal wisata premium diperlukan protokol dan ketetapan sebagai panduan tindakan kepolisian pada destinasi pariwisata", tegasnya.

"Buat renpam rutin dan insidentil baik dalam rangka pam destinasi super premium Labuan Bajo dan kegiatan G20 tahun 2023, buat protokol atau SOP yang menjadi pola tindakan Kepolisian yang diperlukan di Labuan Bajo", tambahnya.

Selain itu, guna mendukung pengamanan nantinya, Kapolda berharap agar dipersiapkan baik itu Sumber Daya manusian maupun sarana dan prasaran.