Kapolda NTT Hadiri Acara Peresmian AIWW oleh Wakil Presiden RI di Labuan Bajo

Kapolda NTT Hadiri Acara Peresmian AIWW oleh Wakil Presiden RI di Labuan Bajo
Wapres RI membuka secara resmi Acara AIWW di Labuan Bajo

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Setyo Budiynto, S.H., M.H., menghadiri acara peresmian Asia International Water Week (AIWW) II di Hotel Meruorah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin, (14/3/2022).

Acara tersebut diresmikan dengan pembukaan kran air sebagai tanda Peresmian Pembukaan AIWW ke-2 Tahun 2022 oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin bersama dengan Presiden Asia Water Council, Dr. Jae-hyeon Park dengan keynote speech yang akan disampaikan oleh Ki-Moon Ban, Sekretaris Jenderal PBB.

Kegiatan itu dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Luar Negeri, Menko Perekonomian, Menteri Perindustrian, Menpan RB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wakil Ketua DPR RI, Pangdam IX/Udayana, Wagub NTT, Kakorpolairud, Danlamtamal VII Kupang, Kabinda NTT, Danrem 161/Wira Sakti dan Forkopimda NTT

Dalam kegiatan itu, Wapres menegaskan, bahwa kebutuhan air minum bersih sangat penting bagi keberlanjutan dan keberlangsungan hidup manusia.

"Akses terhadap air bersih serta sanitasi yang layak menjadi faktor penentu kualitas kesehatan seseorang," kata Ma'ruf Amin dalam acara The 2nd Asia International Water Week (AIWW).

Menurut Wapres, hanya sekitar 13 persen air tawar dari 71 persen air yang ada di bumi yang bisa dimanfaatkan oleh 7 miliar manusia.

"Kompleksnya pengelolaan sumber air memerlukan berbagai pendekatan dan kebijakan yang melibatkan multisektor dan instansi, alokasi dana nasional, dan pengambilan keputusan kolektif," ujar Wapres.

Krisis air, khususnya air bersih dari sisi nasional terkait erat pada sejumlah persoalan yang menjadi fokus kerja pemerintah. Yakni penghapusan kemiskinan ekstrem, pembangunan SDM unggul, dan penurunan angka stunting.

“Kami terus mengembangkan potensi air sebagai pembangkit listrik dan floating slar dalam rangka menciptakan energi yang bersih untuk lingkungan. Selain itu, kami mendorong pengelolaan air bersih secara berkelanjutan melalui manajemen sumber daya air terintegrasi,” jelas Wapres.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia bersama dengan Asia Water Council (AWC) atau Dewan Air Asia menjadi tuan rumah dalam perhelatan The 2nd Asia International Water Week (AIWW) pada 14-16 Maret 2022 di Labuan Bajo, NTT.

Konferensi ini merupakan rangkaian acara kepresidenan G20 yang akan diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, dan juga sebagai persiapan Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 pada tahun 2024 mendatang.

AIWW pertama kali diselenggarakan di Gyeongju City, Korea Selatan pada 20-23 September 2017 untuk membahas secara bersama urgensi pemecahan masalah krisis air dengan memperkuat kemitraan publik-swasta serta mempercepat implementasi aksi mitigasi dan adaptasi secara global.

Dalam The 2nd AIWW mengundang para menteri, pakar dan praktisi dari beberapa negara, pemimpin lembaga publik dan perusahaan air, serta pembuat undang-undang atau legislator dari negara anggota Asia Assembly Water Council (AAWC).

Mereka akan berbagi praktik terbaik dan pembelajaran, kebijakan air inovatif dan solusi teknis dengan tema 'Sustainable, Clean, and Sufficient Water for All.'

The 2nd AIWW 2022 ini menjadi sangat strategis dikaitkan dengan upaya global untuk segera keluar dari situasi pandemi Covid 19 yang sudah berlangsung dua tahun.

“AIWW ke-2 akan menjadi kesempatan besar bagi kami untuk menunjukkan bagaimana solusi praktis dapat dicapai melalui berbagai proses, mulai dari perencanaan hingga implementasi, menggunakan teknologi terbaru dan partisipasi publik serta tindak lanjut yang dianggap sebagai nilai inti dari prosedur kerja AWC untuk menyelesaikan masalah air di Asia terkait dengan Sustainable Development Goals (SDG's) serta menyuarakan pesan kepada dunia”, ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimulyono yang merupakan salah satu pendiri dari AWC pada tahun 2016 lalu.

Selain program unggulannya, dalam The 2nd AIWW juga diselenggarakan Plenary Session yang membahas mengenai Smart-Eco City di Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia serta Hubungan antara The 2nd AIWW dan The 9th World Water Forum.

Konferensi ini juga menyajikan Spesial Session dalam delapan tema yang berbeda serta pameran terkait air baik secara fisik maupun secara virtual sebagai bagian dari beradaptasi terhadap pandemi Covid 19.

Dalam konferensi ini juga diselenggarakan Ministerial Meeting yang dipimpin oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono yang akan melakukan pertukaran ide dan pengalaman dari berbagai negara serta mengembangkan inisiatif baru dan kolaborasi antaranggota AWC dalam pengelolaan sumber.

Untuk diketahui, selama kegiatan Wapres di Labuan Bajo mendapatkan pengamanan dan pengawalan oleh ratusan anggota TNI-POLRI NTT dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT).