Kapolda NTT Hadiri Kegiatan Pelepasan Beroperasinya Bus Angkutan Lintas Batas Negara Indonesia - Timor Leste

Kapolda NTT Hadiri Kegiatan Pelepasan Beroperasinya Bus Angkutan Lintas Batas Negara Indonesia - Timor Leste

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum menghadiri acara penandatanganan SOP kerja sama angkutan lintas batas serta pelepasan operasi Bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) Indonesia - Timor Leste yang digelar di Terminal Tipe A Bimoku, Kota Kupang, Kamis (30/3/2023).

Beroperasinya Bus ALBN rute Kupang-Dili ditandai dengan pelepasan dua Bus ALBN oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Transportasi dan Komunikasi Timor Leste, Constantino Fereira Soares dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Hadir juga dalam kegiatan ini, para Forkopimda NTT, para Bupati/Walikota daratan Timor, para Delegasi Timor Leste dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat XIII Wilayah NTT.

Pelayanan ALBN rute Kupang-Dili ini sebagai bentuk implementasi program Presiden Joko Widodo untuk membangun daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal).

Dengan beroperasinya layanan ALBN rute Kupang-Dili ini juga sebagai upaya memperkuat kerjasama bilateral pemerintah Indonesia dan pemerintah Timor Leste.

Adapun Bus ALBN mengambil star dari Terminal Tipe A Bimoku Kupang, Soe, Kefamenanu, Atambua, Motaain, Maubara, Liquica, Tibar, dan finish di Dili.

Untuk pelayanan awal BPTD XIII Wilayah NTT menyiapkan lima armada. Fasilitas dalam mobil cukup bagus sehingga berimbang dengan tarif yang telah ditetapkan yakni, untuk rute Kupang-Dili sebesar Rp 350.000-Rp 375.000/orang sangat ekonomis dan bisa dijangkau oleh masyarakat dua negara, yang mana diharapkan lewat pelayanan ini maka ada peningkatan ekonomi antar kedua negara ke depan lebih baik.