Kapolda NTT Hadiri Upacara Pemakaman Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here Secara Militer

Kapolda NTT Hadiri Upacara Pemakaman Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here Secara Militer
Kapolda NTT bersama para Pejabat TNI memberikan penghormatan kepada Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H., menghadiri upacara Pemakaman Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here, yang dimakamkan secara militer di Rumah Duka Jalan Oekalipi, Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Rabu (30/3/2022) siang.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI Dr. H. Yudho Warsono, S.E., M.M., CHRMP, MTr.Opsla, CIQnR, CIQaR, CRMP, Kabinda NTT Brigjen TNI Andrianus Dan, S.Sos., MTr., Dandim 1604 mewakili Dandrem 161/WS, perwakilan dari Danlanud El Tari Kupang dan pejabat utama Lantamal VII Kupang.

Pemakaman secara militer ini merupakan suatu wujud penghargaan kepada Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here dari Angkatan Laut yang gugur pada saat bertugas menjaga Keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam amanatnya, Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP., menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya Praka Marinir Wilson Anderson Here saat bertugas sebagai Satgas Muara Perairan Tahun 2021 di Papua.

"Semoga jalan darma bakti yang ditempuh Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here dapat menjadi solitoladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka", ucap Komandan Pasmar 2.

Dikatakannya, bahwa kehadiran semuanya disini adalah suatu bentuk ungkapan rasa bangga, rasa cinta, dan hormat kepada Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here.

"Untuk itu marilah kita semua mendoakan semoga arwah almarhum mendapat tempat yang paling baik disisi Tuhan Allah Yang Mahakuasa. Rasa duka kita saat ini adalah merupakan hal yang wajar. Karena disini oleh orang yang paling kita sayangi dan kita cintai. Namun sebagai insan hamba Tuhan. Hendaklah kita bersabar dan tabah dalam menghadapinya. Dan mengakui adanya kebesaran yang pencipta", katanya.

Selama Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here senantiasa menunjukkan tutur kata dan budi pengerti yang baik. Almarhum memiliki dedikasi yang tinggi dalam pengabdian dan pengorbanannya kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

"Marilah kita bersama-sama mendoakan semoga arwah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Mahakuasa. Dan diampuni semua dosanya serta kita yang ditinggal tetap mengenang jasa-jasa almarhum semasa hidupnya kepada Negara dan Bangsa", Harapnya.

Selaku Inspektur Upacara dan atas nama Bangsa dan Negara, Brigjen TNI (Mar) Suherlan menyampaikan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya serta memohon kepada Tuhan Yang Maha Pengasih semoga keluarga yang ditinggal tetap diberikan tambahan, kesabaran dan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini.

"Tidak lupa saya atas nama TNI Angkatan Laut juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya dengan tulus ikhlas baik itu moril maupun materil sehingga terlaksananya upacara ini dengan baik dan lancar. Mudah-mudahan semua amal baik bapak-bapak, ibu-ibu serta saudara-saudara sekalian mendapat balasan dari Tuhan Yang Mahakuasa", tutupnya.

Sementara itu, Kapolda NTT juga menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga Almarhum dan kepada keluarga besar TNI AL.

"Atas nama pribadi dan Polda NTT, saya sampaikan turut berduka cita, semoga almarhum ditempatkan di tempat yang layak disisi Tuhan Yang Maha Esa", ujar Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

Diketahui, Bahwa  almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here merupakan putra kelahiran Kupang Pada tanggal 15 Agustus 1997. Ia menjadi korban penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu 26 Maret 2022 malam.

Ia gugur bersama Letda Moh Igbal, asal Kendari, Sulawesi Tenggara. Almarhum Praka Marinir Anumerta Wilson Anderson Here merupakan prajurit TNI dari Korps Marinir, berdinas di Yonif 11 Sorong.

Pria asal Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini mengalami luka di bagian perut sebelah kiri dan kepala belakang sebelah kiri akibat terkena tembakan.

Ia sempat mendapat penanganan medis dari dokter Satgas. Namun buah hati pasangan Karel Here dan Josovina K Here ini akhirnya menghembuskan napas terakhir pada Minggu 27 Maret 2022 sekitar pukul 02.05 WIT. Saat meninggal dunia, ia berusia 25 tahun.