Kapolda NTT Hadiri Upacara Peresmian Batalyon Arhanud 9/AWJ dan Batalyon Armed 20/155 GS/ BY

Kapolda NTT Hadiri Upacara Peresmian Batalyon Arhanud 9/AWJ dan Batalyon Armed 20/155 GS/ BY

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H menghadiri upacara peresmian Batalyon Arhanud 9/Angkasa Widya Jayanta dan Batalyon Armed 20/155 GS/Bhadika Yudha, Kodam IX/Udayana.

Upacara peresmian dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat  (Kasad)Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M di Markas Armed di Markas Armed 20/155 GS BY, Kodam IX/ Udayana, Oelamasi, Kabupaten Kupang, Kamis (19/5/2022).

Hadir juga dalam kegiatan ini, Pangkostrad, Pangdam IX/ Udayana, Perwakilan Gubernur NTT, para Forkopimda NTT, Wakil Bupati Kupang, para Asisten Kasad, dan para pejabat TNI AD serta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Kupang.

Peresmian dua Batalyon ini ditandai dengan Pembukaan selubung lambang kesatuan dan penyerahan kepada Pangdam IX/Udayana serta penandatanganan prasasti oleh Kasad.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M menyamapikan bahwa, kedua Batalyon ini sudah lama direncanakan dari tahun 2016 dan baru diresmikan saat ini.

"Batalyon ini sangat tepat ditempatkan di Kupang, NTT karena di sini belum ada satuan-satuan bantuan tempur setingkat batalyon dari satuan Armed atau Arhanud untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan ancaman yang mungkin timbul", ujar Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M.

Dikatakannya kedua Batalyon ini saat ini beru 40% kekuatannya dan bertahap akan ditingkatkan sesuai dengan proses pembentukan organisasi termasuk proses pemenuhan personel dan materil.

"Namun pada hakekatnya, Batalyon ini sudah siap oprasional dalam rangka melaksanakan tugas pokok baik satuan Armed maupun satuan Arhanud", jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Kasad mohon doa restu kepada seluruh warga yang ada di NTT dan seluruh masyarakat Indonesia terkait penempatan kedua Batalyon tersebut.

"Batalyon ini akan melaksanakan tugas dengan baik dan batalyon ini berdampak pada masyarakat tentunya dalam membantu apapun kegiatan-kegiatan masyarakat "ucapnya.

"Dengan hadirkan batalyon ini, saya harapkan kedua Batalyon ini berdampak pada masyarakat tentunya pada masalah-masalah kebaikan", tandas Kasad.