Kapolda NTT Ikut Courtessy Call Kapolri Dengan Ketum Rabithah Alawiyah

Kapolda NTT Ikut Courtessy Call Kapolri Dengan Ketum Rabithah Alawiyah

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lothatia Latif, S.H., M. Hum., Mengikuti kegiatan zoom meeting courtessy call Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dengan Ketua Umum Rabithah Alawiyah dan jajaran pengurus Pusat serta seluruh anggota Rabithah Alawiyah Indonesia di Ruang Vicon Lantai dua Mapolda NTT, Sabtu (30/1/2021) siang.

Turut hadir mendampingi Kapolda NTT yakni Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Joudi A. A. Mailoot, S.I.K., Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., Hadir pula Pengurus Rabithah Alawiyah NTT antara lain Habib Achmat gutban, Habib syech Assegaf dan Husin Alhadad.

Acara courtessy call silaturahmi Kapolri ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi dengan organisasi keagamaan khususnya Rabithah Alawiyah yang merupakan organisasi para habaib di Indonesia dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Dalam pertemuan itu, Kapolri menyampaikan peran tokoh umat menjadi jembatan dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat karena pesan yang disampaikan oleh para Habib adalah Daqwah dan pasti diikuti oleh umatnya.

"Jalinan silaturahmi ini mengandung makna yang sangat strategis dalam menjaga situasi kamtimbas, ini suatu warisan dan modal dalam membangun sinergitas sesama anak bangsa", ucap Kapolri.

Kapolri mengatakan angka terpapar Covid cenderung naik oleh karena itu ini ancaman dan membutuhkan keseriusan dan perhatian bersama. Masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan 5 M termasuk saat ini Pemerintah sedang melaksanakan program Vaksin dalam menyelamatkan masyarakat dari wabah.

Untuk itu orang nomor satu Polri mengharapkan semua elemen masyarakat untuk bahu membahu dalam mengatasi permaslahan Covid-19.

Di saat yang sama ketua Umum Rabithah Alawiyah menyampaikan bahwa organisasi Rabithah Alawiyah merupakan organisasi para habaib di Indonesia dan ini berupa suatu kehormatan dan kesempatan yang luar biasa dalam menjalin tali silaturahmi di pihak Kepolisian RI.

Polri juga menyambut baik terkait program-program dalam bidang ekonomi yang dijalankan oleh Rabithah Alawiah khususnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Diakhir pertemuan dilakukan penyerahan Cinderamata dari PP Rabithah Alawiyah kepada Kapolri.

Sementara itu, Kapolda NTT menyampaikan bahwa Polri tidak bisa bekerja sendiri dan keberhasilan Polri tentu selalu ada dukungan yang besar / kuat dari Elemen Masyarakat, Tokoh Agama termasuk dukungan dari pengurus Rabithah Alawiyah.

"Institusi Polri menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang selama ini sudah berjalan secara khusus dukungan dalam menjaga situasi kamtibmas di seluruh wilayah Provinsi NTT bisa berjalan dalam keadaan aman dan kondusif", ujar Kapolda NTT.

Di kesempatan yang sama, Pengurus Rabithah Alawiyah menyampaikan bahwa di NTT sendiri kepungurusan belum terbentuk namun beberapa kegiatan yang selama ini juga sudah dilakukan antara lainnya memberikan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu, acara Maulid Nabi serta kegiatan keagamaan lainnya.

Pengurus Rabithah Alawiyah juga akan mendukung seluruh program program Pemerintah maupun Polri dalam menjaga Harkamtibmas tetap kondusif di seluruh wilayah NTT.

Diharapkan dalam pertemuan ini dapat memupuk kerjasama yang kokoh antara Polri dengan Pengurus Pusat Rabithah Alawiyah baik di Pusat maupun Daerah.

​​​​