Peringati HUT Ke-78 Korps Brimob Polri: Dedikasi dan Pengabdian Menuju Indonesia Maju

Peringati HUT Ke-78 Korps Brimob Polri: Dedikasi dan Pengabdian Menuju Indonesia Maju

Tribratanewsntt.com - Kupang - Satuan Brimob Polda NTT merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Korps Brimob Polri dengan menggelar upacara yang dipimpin oleh Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum. Upacara yang berlangsung di halaman Mako Satbrimob Polda NTT, jalan Timor Raya, Pasir Panjang, Kelapa Lima, Kota Kupang dihadiri oleh PJ. Gubernur NTT, Forkopomda NTT, Wakapolda NTT, dan sejumlah tamu undangan.

Dengan tema "Negara Aman Menuju Indonesia Maju," peringatan HUT Ke-78 Korps Brimob Polri diharapkan menjadi momentum untuk merenung dan mengapresiasi perjalanan panjang serta pengorbanan yang telah diberikan oleh anggota Korps Brimob Polri dalam mewujudkan keamanan dan kemajuan Indonesia.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, dalam membacakan sambutan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri. Ia menyatakan rasa bangganya sebagai pimpinan Polri memiliki pasukan elit seperti Brimob yang konsisten memberikan kontribusi positif.

Salah satu momen penuh makna dalam peringatan ini adalah pengenangan terhadap Pahlawan Nasional, Komjen. Pol. Dr. H. M. Jasin, yang pernah berpesan bahwa sejarah tidak bisa dibohongi. Pesan ini menggambarkan betapa setiap jejak pengabdian Korps Brimob Polri terukir sebagai kebanggaan yang tidak terbantahkan.

Sejarah Korps Brimob Polri dimulai dari terbentuknya Tokubetsu Keisatsutai, kemudian berubah menjadi Polisi Istimewa, terlibat secara heroik dalam pertempuran merebut kemerdekaan, dan akhirnya menjadi Mobile Brigade (Mobrig) pada 14 November 1946. Transformasi ini menandai hari jadi Korps Brimob Polri.

Dalam perjalanan panjangnya, Mobile Brigade terus menunjukkan kesetiaan dan pengorbanan dalam menumpas berbagai pemberontakan guna mempertahankan kemerdekaan. Ir. Soekarno mengubah nama Mobrig menjadi Brigade Mobil (Brimob) pada 14 November 1961, dan sejak itu, peran Brimob Polri tak terbantahkan dalam penanggulangan kejahatan berintensitas tinggi dan pengamanan berbagai program pemerintah.

Pada tahun 2023, Polri memberikan berbagai penghargaan kepada personel Brimob, termasuk 46 KPLB, 16 promosi pendidikan, 2 promosi jabatan, 102 pin emas, dan 8 piagam penghargaan. Kapolda NTT menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan oleh seluruh keluarga besar Korps Brimob Polri.

Dalam suasana ketidakpastian global dan gejolak ekonomi, Kapolda NTT menekankan bahwa Transformasi Ekonomi yang diinginkan oleh Presiden Joko Widodo memerlukan dukungan stabilitas kamtibmas yang kondusif. Ia menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi oleh Korps Brimob Polri, termasuk pengamanan major project pemerintah, event nasional/internasional, penanggulangan bencana alam, pergerakan KKB dan KKP di Papua, ancaman terorisme, penanggulangan konflik sosial, dan pengamanan Pemilu 2024.

Menyelesaikan tantangan tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi Kapolda NTT yakin bahwa soliditas dan jiwa korsa yang dimiliki oleh Korps Brimob Polri akan menjadi kekuatan. Ia berpesan agar rekan-rekan menjadi "teratai putih," melambangkan tekad dan kemampuan untuk mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih, serta mampu bertahan dalam berbagai situasi. Harapannya, Korps Brimob Polri tetap menjaga kehormatan dan memegang teguh Janji Brimob Sejati, yaitu Satya Haprabu, Hanyaken Musuh, Gineung Pratidina serta Tan Satrisna.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan syukuran HUT Korps Brimob Polri di Grand Mutiara Ballroom, Kota Kupang. Acara syukuran tersebut menjadi momen yang penuh keakraban antara anggota Korps Brimob Polri dan tamu undangan. Suasana kebersamaan terpancar dari senyuman dan tawa yang mengisi ruangan, memperkuat solidaritas yang telah terjalin di antara mereka.

Peringatan HUT Ke-78 Korps Brimob Polri tidak hanya menjadi ajang penghormatan terhadap sejarah dan pengabdian anggotanya, tetapi juga momentum untuk merenung dan bersyukur atas peran penting Korps Brimob Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk kemajuan Indonesia.

Selamat ulang tahun yang ke-78 Korps Brimob Polri! Semoga semangat pengabdian dan dedikasi yang tinggi tetap menyala, membawa keamanan, dan mewujudkan Indonesia yang lebih maju.