Kapolda NTT dan Unsur Forkopimda Jemput Kepala BNPB RI Saat Kunjungi Warga Pengungsi Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Kapolda NTT dan Unsur Forkopimda Jemput Kepala BNPB RI Saat Kunjungi Warga Pengungsi Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum dan Danrem 161/Wira Sakti Brgjen TNI Samuel Petrus Heakaya menjemput kedatangan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB RI) Letnan Jendral TNI Doni Monardo di Kabupaten Lembata, Rabu (2/12/2020).

Saat dikonfirmasi, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Jo Bangun S.Sos yang ikut bersama mendampingi Kapolda NTT di Kabupaten Lembata menyampaikan bahwa, kunjungan dari Kepala BNPB RI di Kabupaten Lemabata ini dalam rangka mengetahui secara langsung dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok dan memastikan proses evakuasi warga dan penanganan lebih lanjut.

"Selain itu, untuk memberikan support bagi Pemerintah Daerah, Satgas Penanggulangan Bencana Alam Daerah, anggota TNI POLRI dan instansi terkait yang ada di kabupaten Lembata dalam penanganan bencana alam yang terjadi", terang Kombes Pol. Jo Bangun, S.Sos., S.I.K.

"Tiba di Bandara Wunopitu Lewoleba, Kepala BNPB RI didampingi oleh Wakil Gubernur NTT Drs. Josef Nae Soi dijemput langsung oleh Kapolda NTT, Danrem 161/WS, Kabinda NTT dan Forkopimda Kabupaten Lembata", jelasnya.

Sedangkan rombongan Kepala BNPB RI diantaranya, Anggota Komisi VIII DPR RI Ali Taher, Deputi II BNPB Lilik Kurniawan, Deputi III BNPB Dody Ruswandi dan Kabid Mitigasi Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan.

Lanjutnya, di Kabupaten Lembata, Kepala BNPB RI dan rombongan langsung meninjau para pengungsi warga Kecamatan Ile Ape serta melakukan Peninjauan Dapur Umum di Posko Utama Pengungsian yang berlokasi di Kantor Bupati Lama, Kota Lewoleba.

"Selanjutnya, Kepala BNPB RI dan Wakil Gubernur bersama Rombongan melakukan Rapat bersama dengan Pemda serta Instansi terkait termasuk TNI POLRI guna mendapatkan laporan terkait Bencana Alam Erupsi Gunung Ile Lewotolok serta penanganan para pengungsi yang ada pada Posko Utama tanggap darurat bencana Erupsi Gunung Ile Lewotolok", pungkasnya