Kapolda NTT Pimpin Kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Tahap I T.A. 2023 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

Kapolda NTT Pimpin Kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Tahap I T.A. 2023 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., didampingi Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Zulkifli S.S.T., M.K., S.H., M.M. pimpin kegiatan Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Polda NTT Tahap I Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat utama (Rupatama) Mapolda NTT, Selasa (21/3/2023) ini dihadiri oleh para Pejabat Utama, Wapolresta Kupang Kota, perwakilan pamen dan pama dari masing-masing satker serta diikuti oleh para Kapolres jajaran melalui sarana virtual.

Taklimat akhir ini sendiri merupakan penutup
rangakaian pelaksanaan kegiatan kegiatan Audit Kinerja Itwasda Polda NTT tahap II Tahun Anggaran 2022 yang dititik beratkan pada aspek perencanaan dan pengorganisasian meliputi bidang manajemen operasional, sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana (Sarpras), serta penyelenggaraan keuangan.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan hasil audit kinerja tahap I tahun anggaran 2023 oleh Irwasda Polda NTT dan diakhiri dengan penandatangan hasil audit kinerja oleh Irwasda selanjutnya diserahkan kepada Kapolda NTT.

Adapun jumlah temuan sesuai laporan hasil yang dibacakan oleh Irwasda Polda NTT dan ada beberapa  temuan terdiri dari bidang manajemen Opsnal, SDM, Logistik dan Garkeu.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, menyampaikan dari hasil penyampaian pelaksanaan audit kinerja Itwasda Polda NTT tahap I T.A. 2023 aspek perencanaan dan pengorganisasian yang dibacakan oleh Pak irwasda tersebut terdapat beberapa temuan dari berbagai bidang yang menjadi perhatian bersama dan perlu penanganan secepatnya agar tidak menjadi temuan berulang.

"Saya perlu ingatkan bahwa kegiatan pengawasan oleh internal Polri harus terus dilakukan bukan hanya pada saat audit kinerja, tetapi secara terus menerus dan konsisten sepanjang tahun dan dilaksanakan secara berjenjang tidak hanya oleh fungsi pengawasan namun juga oleh para kasatker dan jajarannya", tegas Kapolda NTT.

Dalam kesempatan itu juga, Kapolda NTT menyampaikan ucapan terimakasih kepada irwasda   dan seluruh staf Itwasda yang telah melaksanakan tugas berupa audit kinerja di jajaran polda ntt selama 29 (dua puluh sembilan) hari dengan penuh dedikasi, integritas dan mampu menjaga independensi.

"Kita juga patut mengucapkan rasa syukur karena seluruh rangkaian audit kinerja telah berjalan dengan lancar serta semua dalam keadaan sehat", ucapnya.

Terhadap temuan – temuan dari hasil pelaksanaan audit kinerja tahap I T.A. 2023, Kapolda meminta agar segera menindaklanjuti dengan memberikan jawaban dan penjelasan selama waktu 30 hari

"Saya perintahkan kepada seluruh kasatker Polda NTT dan Kapolres jajaran selaku auditi untuk segera menindaklanjuti dengan memberikan jawaban dan penjelasan disertai data dukung dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah pelaksanaan taklimat akhir ini", pintanya.

Manfaatkan waktu dengan baik untuk melakukan konsolidasi internal dan komunikasikan dengan Irwasda atau tim audit apabila menemui kendala dalam pemenuhan tindak lanjut hasil temuan audit kinerja.

Kepada Kasatker Polda NTT dan Kapolres jajaran, Kapolda juga mengingatkan agar seluruh jajaran pegang teguh dengan aturan-aturan yang berlaku (anggaran, sop, prilaku).

"Jaga marwah polisi agar tetap di cintai oleh masyarakat, setiap kegiatan harus di pertanggung jawabkan / perwabku, seluruh polres agar meningkatkan standar pelayanan publik (buat kreasi/inovasi) supaya kedepan hasilnya lebih baik, konsisten melakukan perubahan yang lebih baik untuk semangat dalam melayani masyarakat", terangnya.

“Dalam pelaksanaan semoga bermanfaat bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan peningkatan kinerja Polri, khususnya Polda NTT  dimasa yang akan datang. Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya pada kita semua untuk secara konsisten melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dan menjadi insan Polri yang selalu memiliki semangat untuk melayani dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara", tandasnya.