Kapolda NTT Pimpin Upacara Pencucian Pataka Polda NTT "Catya Turangga Wirasakti"

Kapolda NTT Pimpin Upacara Pencucian Pataka Polda NTT

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menggelar upacara tradisi pencucian Pataka sebagai simbol pemuliaan nilia-nilai luhur Polri yang terkandung dalam Pataka Polda NTT "Catya Turangga Wirasakti", Senin (8/7/2019) sore.

Upacara yang diselenggarakan di Loby lantai 1 Mapolda NTT ini dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Raja Erizman dan dihadiri oleh Irwasda Polda NTT Kombes Pol Drs. Tavip Yulianto S.H., M.Si, Ketua Bhyangkari Daerah NTT Ny. Hera Raja Erizman dan para Pejabat Utama Polda NTT serta personel yang dilibatkan.

Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Jules Abrham Abast, S.I.K menyampaikan bahwa, tradisi pencucian Pataka ini dilaksanakan dalam rangka Hari Bhayangkara ke-73 tahun 2019, yang mana memiliki makna memurnikan kembali internalisasi nilai nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata.

"Pencucian Pataka ini dimaknai sebagai pembersihan hati dan jiwa dari hal-hal negatif sehingga personel Polri dapat melaksanakan tugas dalam melayani masyarakat secara baik", terang Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K.

Lanjutnya, pencucian Pataka merupakan agenda sakral Polri dan jajaran yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya dalam memperingati Hari Bhayangkara.

“Tradisi pencucian Pataka ini wajib dilaksanakan. Dengan prosesi ini juga, kita mengenang apa saja yang telah kita berikan bagi Nusa dan Bangsa selama mengabdi sebagai anggota Polri”, pungkasnya. (Rf)