Kapolres Belu Minta KPU Belu Terapkan Protokol Kesehatan di Setiap Tahapan Pilkada 2020

Kapolres Belu Minta KPU Belu Terapkan Protokol Kesehatan di Setiap Tahapan Pilkada 2020

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Resor Belu selaku penanggung jawab keamanan di wilayah Kabupaten Belu khususnya dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Belu Tahun 2020, maka diperlukan manajemen keamanan yang komperensif serta memperkokoh sinergitas dengan penyelenggara Pilkada, TNI, tokoh agama, mitra masyarakat dan mitra keamanan lainnya.

Kaitan dengan hal tersebut, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si pada selasa (25/8/2020), melakukan silahturahmi ke kantor KPU dan Bawaslu Belu.

Dalam lawatan perdananya di kantor KPU Belu siang tadi pukul 14.00 WITA, Kapolres Belu mengajak Ketua KPU Mikhael Nahak S.Sos dan komisioner, untuk tetap bersinergi, bekerja sama dengan pihak Kepolisian dalam menjaga serta menjamin situasi tetap Kondusif dalam pelaksanaan Pilkada Belu Tahun 2020.

Kapolres Belu juga mengingatkan kepada Ketua KPU dan para Komisioner,untuk tetap melaksanakan tugas sesuai Prosedur yang telah di tetapkan dan memperhatikan protokol kesehatan di tengah kontestasi politik para calon kepala daerah.

"Protokol kesehatan sementara ini diterapkan ditengah-tengah masyarakat, guna menjauhkan masyarakat dari virus Corona dan menjaga status Kabupaten Belu agar tetap pada zona Hijau"kata Kapolres Belu.

"Untuk itu, Kami minta dari KPU sendiri bisa meyakinkan pemilih bahwa KPU juga sangat konsen terhadap kesehatan dan keselamatan dari Covid-19, sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman di setiap tahapan Pilkada” lanjut Kapolres Belu.

Menyikapi apa yang disampaikan Kapolres, Ketua KPU mengatakan pihaknya bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap tahapan Pilkada untuk meminimalisir ada potensi penularan COVID-19.

"Kita juga sudah tekankan ke bakal calon Bupati dan Wakil Bupati agar protokol kesehatan dipatuhi selama pandemi ini. Misalnya jumlah kehadiran 50% dari kondisi seperti biasanya. Kegiatan yang didalam Ruangan, tempat duduk akan diatur jarak sesuai dengan protokoler kesehatan"ungkap Ketua KPU.

"Dan disediakan Air dan sabun untuk mencuci tangan serta menggunakan masker. Kemudian diluar Ruangan akan di batasi tamu serta juga akan selalu di berikan himbauan tentang protokoler kesehatan. Dari kita sendiri, sudah disiapkan APD bagi petugas kami"lanjut Ketua KPU.

Di akhir kegiatan silaturahmi tersebut, Ketua KPU Mikhael Nahak S.Sos berjanji pihaknya akan selalu berkordinasi dengan pihak Kepolisan dalam Setiap Kegiatan dan selalu membuka ruang komunikasi sehingga setiap tahapan dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ada dalam setiap tahapan Penyelenggaraan Pemilu Pada Tahun 2020.