Kapolres TTU Pimpin Aksi Pemadaman Kebakaran Hutan di Desa Bijeli: Sinergi Polri dan TNI Selamatkan Lingkungan

Kapolres TTU Pimpin Aksi Pemadaman Kebakaran Hutan di Desa Bijeli: Sinergi Polri dan TNI Selamatkan Lingkungan

Tribratanewsntt.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.I.K., M.H., memimpin anggota kepolisian dalam aksi pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di Oeluan, Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Kamis (14/9/2023) malam.

Kebakaran yang melanda kawasan hutan jati sekitar 20 KM dari Kota Kefamenanu-Kupang terjadi pada pukul 19.00 Wita.

Respon cepat dari Kapolres TTU beserta anggota kepolisian, Kapolsek Noemuti, dan personel lainnya sangat penting dalam mengatasi situasi ini.

Pada saat yang sama, Komandan Kodim 1618/TTU, Letkol Arm Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han), dan Kepala BPBD TTU, Yosefina Lake, juga turut hadir untuk memberikan dukungan dalam upaya pemadaman kebakaran ini.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.I.K., M.H, menjelaskan bahwa kebakaran hutan jati telah menyebar luas dan menghasilkan sejumlah titik api. Namun, berkat kerja keras anggota kepolisian TNI/Polri dan bantuan mobil pemadam kebakaran milik BPBD TTU, api yang semakin membara berhasil dipadamkan.

"Ada banyak titik api, tetapi petugas cepat. Cepat menangani, datang ke TKP langsung memadamkan (Api). Kita panggil BPBD juga cepat membantu. Jadi tidak lepas dari sinergitas kita semua, baik dari Polres, Polsek, terutama Kapolsek yang menjaga langsung TKP", terang Kapolres.

"Saya mendampingi, dan kita pastikan sampai benar-benar padam baru kita bergeser. Ini wilayah kehutanan, jadi banyak sekali ranting-ranting, serta daun-daun kering yang bisa memicu (Api). Terlebih lagi, jika ada angin, api langsung membesar. Makanya kita tunggu sampai benar-benar padam," jelasnya.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menjaga lingkungan, khususnya di musim kering seperti ini, agar kejadian serupa dapat dicegah.