Wakapolda NTT Cek Pelaksanaan Test Psikologi Penerimaan Terpadu Taruna Akpol T.A 2022

Wakapolda NTT Cek Pelaksanaan Test Psikologi Penerimaan Terpadu Taruna Akpol T.A 2022

Tribratanewsntt.com – Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto mengecek dan mengontrol langsung pelaksanaan test Psikologi seleksi penerimaan terpadu Taruna/i Akpol T.A 2022, Sabtu (28/5/2022) pagi.

Pengecekan tersebut berlangsung di SMKN 3 Kota Kupang. Kedatangan orang nomor Dua di Polda NTT ini disambut langsung oleh Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Ari Wahyu Widodo, S.I.K., Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol. Dr. Dominicus Savio Yempormase, M.H., Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT AKBP Sajimin S.I.K., M.H., Kabag Psiko Biro SDM Polda NTT, Kompol Dwi Chrismawan, Kasubbag Diapers dan Kompol Andry Setiawan, S.H., S.I.K.

Selanjutnya, Wakapolda memantau suasana pelaksanaan tes dan berdialog dengan sejumlah peserta terkait kesiapan peserta mengikuti proses tes psikologi.

Wakapolda pun berpesan agar peserta mengikuti proses seleksi dengan baik dan percaya pada kemampuan diri sendiri serta harus banyak belajar dan berlatih.


"Hari ini sesuai dengan jadwalnya panitia menyelenggarakan ujian Psikologi Seleksi Penerimaan Taruna/i Akpol. Kunjungan saya ke sini untuk memastikan semua berjalan dengan lancar, tidak ada kecurangan, serta diikuti dengan baik oleh seluruh peserta. Silakan mengerjakan tes dengan sungguh-sungguh dan semangat, untuk panitia agar melaksanakan tugas sesuai ketentuan dan tetap mempedomani prokes,” terang Wakapolda NTT.

Dikatakannya, Pelaksanaan seleksi tersebut menerapkan prinsip prinsip, (Betah) Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, yang diawasi pengawas Internal dan Eksternal termasuk mematuhi prokes yang ketat kepada Panitia maupun peserta wajib bebas Covid-19 walau sudah landai.

"Proses tes psikologi dilakukan dengan sistem CAT dan pola one day one service. Hasil tes langsung diketahui peserta dengan sistem komputerisasi. Rangkaian tes ini diawasi pengawas internal dari Itwasda dan Bid Propam Polda NTT serta pengawas eksternal dari Himpunan Sarjana Psikologi Indonesia (HIMPSI) NTT serta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kupang", tandasnya.

Diketahui sebanyak 33 Catar Akpol yang mengikuti seleksi Psikologi dengan rincian laki-laki (Taruna) sebanyak 32 orang dan Wanita (Taruni) sebanyak 1 orang.