Kukuhkan Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT, Kapolda NTT Berharap Mampu Mengimplementasi Tugas Pokoknya di Tengah Masyarakat

Kukuhkan Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT, Kapolda NTT Berharap Mampu Mengimplementasi Tugas Pokoknya di Tengah Masyarakat
Kukuhkan Kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT, Kapolda NTT Berharap Mampu Mengimplementasi Tugas Pokoknya di Tengah Masyarakat

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H.,  M.Hum bersama Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Pusat, Heru Riyadi, S.H., M.H mengukuhkan Ketua dan Pengurus Pokdarkamtibmas Daerah Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/11/2021) di Aula Hotel Sylvia Kupang.

Tampak mendampingi Kapolda NTT dalam acara ini Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Drs. Taufiq Tri Atmojo dan sejumlah Pejabat Utama Polda NTT serta Kapolres Kupang dan Kapolres Kupang Kota.

Acara yang juga dilaksanakan secara virtual ini, dihadiri oleh Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT Ferdinand Barley Luan Mau, A.Md. Pel serta para pengurus yang telah dikukuhkan, para Kasatbinmas Polres jajaran, para Kanitbinmas Polres Kupang dan Polres Kupang Kota.

Kegiatan Pengukuhan ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum Pokdarkamtibmas Pusat kepada Kapolda NTT selanjutnya Kapolda menyerahkannya kepada Ketua Pokdarkamtibmas Daerah NTT.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum menyamapikan, pembentukan Pokdarkamtibmas Bhayangkara dilatar belakangi, bahwa tugas-tugas Kepolisian tidak akan berhasil tanpa bantuan dan partisipasi dari masyarakat. Terutama dalam rangka mengantipasi kejahatan dimana semakin hari semakin meningkat, maka untuk meningkatkan kesadaran hukum dan peraturan di masyarakat, dibentuklah Pokdarkamtibmas berdasarkan  Surat Keputusan Kapolri Nomor Polisi : Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang pedoman pembentukan Pokdarkamtibmas.

"Polri sebagai alat negara yang bertugas dan berfungsi untuk memelihara kamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta penegak hukum merupakan salah satu pilar yang diharapkan mampu melaksanakan tugasnya  secara prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan seperti yang dikehendaki oleh masyarakat", ucap Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Lanjutnya, pelaksanaan tugas tersebut tidak akan terlaksana dengan baik tanpa bantuan, dukungan dan partisipasi dari komponen-komponen yang ada di masyarakat, institusi, ormas, Pokdarkamtibmas, komunitas, tomas, todat, toga, toda yang sangat mempengaruhi terpeliharanya kamtibmas terhadap segala gangguan kamtibmas sehingga kondisi menjadi kondusif.

"Oleh karena itu, merupakan suatu momentum yang sangat tepat pada kegiatan hari ini yaitu, pengukuhan ketua dan pengurus Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Nusa Tenggara Timur, dimana harapan saya kepada ketua dan para pengurus dapat bekerja secara bersinergi saling bahu-membahu, saling bantu-membantu dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di lapangan baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa. Sehingga apapun yang menjadi tanggungjawab kita mudah-muhan akan dapat kita laksanakan dengan baik", harap Kapolda NTT.

Tugas pokok dari Pokdarkamtibmas sesuai kewajiban dan tanggungjawab sebagai bagian dari masyarakat dalam berbangsa dan bernegara yakni, mengamankan dirinya sendiri dan lingkungannya secara swakarsa serta mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk turut serta dalam penyelenggaraan keamanan dengan berpedoman kepada sistem keamanan swakarsa (Siskamswakarsa), memelihara kemanan dan ketertiban di lingkungan dan mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku, memfasilitasi semua keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah kamtibmas serta menindaklanjuti penyelesaian melalui kerjasama Polri dan Pokdarkamtibmas.

Dari uraian tugas pokok tersebut, orang nomor satu di Polda NTT ini berharap ketua dan seluruh pengurus Pokdarkamtibmas Daerah NTT dapat memahami serta mengimplementasikan tugas pokoknya di tengah-tengah masyarakat sehingga keberadaan Pokdarkamtibmas dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Saya juga mengharapkan kepada ketua dan para pengurus dapat melaksanakan kegiatan terutama dalam rangka sosialisasi kesadaran kamtibmas, pencegahan karhutla, serta pada masa pandemi covid-19 ini,  diharapkan peranannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan guna mencegah meluasnya penyebaran virus covid-19", harap Kapolda NTT.

Pada kesempatan ini Kapolda NTT pun menekankan beberapa pedoman untuk sebagai pelaksanaan tugas kedepan.

"Agar membina terus persatuan dan kesatuan, hubungan silaturahmi terutama dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, mewaspadai isu-isu yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan di masyarakat, segera laksanakan cek dan ricek terhadap isu-isu tersebut", jelasnya.

"Kemudian meningkatkan sinergisitas antara Pokdarkamtibmas dengan Polri, TNI dan aparat pemerintah lainnya dan tetap profesional dalam melaksanakan tugas serta patuhi protokol kesehatan terutama pada masa pandemi saat ini. Tetap semangat dalam pelaksanaan tugas, jaga kesehatan dan mohon doa dari yang maha kuasa agar kita semua diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam pelaksanaan tugas", pungkasnya.

Sementara itu, Ketua umum Pokdarkamtibmas pusat Heru Riyadi, S.H., M.H menyampikan ucapa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolda NTT beserta jajaran yang telah mewujudkan acara pelantikan sekaligus pengukuhan kepengurusan Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT.

"Ini merupakan pengurus daerah di tingkat provinsi yang ke 29 yang sudah dilantik sekaligus telah dikukuhkan. Pada hakekatnya organisasi ini merupakan mitra Polri dan pemerintah pada umumnya", ujar Heru Riyadi, S.H., M.H.

Dikatakannya target dari terbentuknya Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah NTT ini juga dapat terbentuk pengurus Pokdarkamtibmas di tingkat Resor, Sektor hingga subsektor.

"Kami berharap dengan keberadaan Pokdarkamtibmas ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah Hukum Polda NTT", tandasnya.