kunjungi Pos PLBN Napan, Kapolda NTT Berikan Tali Asih dan Bingkisan kepada Anggota Perbatasan

kunjungi Pos PLBN Napan, Kapolda NTT Berikan Tali Asih dan Bingkisan kepada Anggota Perbatasan

Tribratanewsntt,- Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum bersama Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Johni Asadoma mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan di Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Kamis (20/7/2023). 

Hadir dalam kunjungan yang dilaksanakan pukul 14.30 wita, yakni Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, Dandim 1618/TU, Letkol Arm Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han), Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, Kepala PLBN Napan, Brimob, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan unsur terkait lainya. 

Diawal sambutan, Kapolda NTT mengaku pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Liaison Officer dan Perbatasan (Baglotas) Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Mabes Polri.

"Kita semua bersama-sama untuk menjaga beranda depan. Ini merupakan suatu kewajiban kita semua untuk menjaga kedaulatan NKRI dari segala macam gangguan," ujar Kapolda NTT.

Mantan petinju dunia ini menjelaskan, bahwa yang unik dari Pos PLBN Napan ini adalah berbatasan langsung dengan negara tetangga yang sebelumnya merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Namun, mempunyai tantangan yang cukup besar. 

"Potensi masuknya Narkotik dari Timor Leste ke Indonesia cukup besar untuk itu perlu untuk diwaspadai bersama. Harapannya, kita perlu berkolaborasi dan bekerjasama dengan baik dalam mengemban tugas yang diberikan oleh negara," tutupnya. 

Usai tatap muka, Kapolda NTT memberikan bingkisan serta plakat kepada anggota yang bertugas di Pos PLBN Napan. Selanjutnya, orang nomor satu di tubuh Polda berlambang Kuda ini melakukan peninjauan di Pos PLBN Napan. 

Kapolda NTT menjelaskan, tujuan peninjauan yang dilaksanakan di Pos PLBN Napan ini merupakan untuk meninjau secara langsung sarana dan prasarana yang ada, bagaimana kondisi personil, situasi kemanan.

Dikatakannya, bahwa PLBN Napan sudah dibangun dengan sangat luar biasa tapi memang perlu ada beberapa penambahan-penambahan dan mungkin juga renovasi prasarana sehingga akan lebih baik dan lebih layak bagi para personil yang menjaga wilayah perbatasan RI-RDTL yang sangat penting. 

"Untuk penyerahan Bansos sekedar tali asih yang tidak seberapa dari Polda NTT kepada jajaran yang ada di Perbatasan Napan ini," tutupnya.