Kunjungi Sabu Raijua, Kapolda NTT : KPU Tidak Boleh Ragu TNI POLRI Siap Mengamankan

Kunjungi Sabu Raijua, Kapolda NTT : KPU Tidak Boleh Ragu TNI POLRI Siap Mengamankan
Kunjungi Sabu Raijua, Kapolda NTT : KPU Tidak Boleh Ragu TNI POLRI Siap Mengamankan
Kunjungi Sabu Raijua, Kapolda NTT : KPU Tidak Boleh Ragu TNI POLRI Siap Mengamankan

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., bersama Dandrem 161/ Wirasakti Brigjen TNI Legowo W. R. Jatmiko dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., melakukan kunjungan ke Kabupaten Sabu Raijua, Selasa (27/4/2021) pagi.

Tiba di Bandara Tardamu Sabu Raijua dengan menggunakan helikopter Polisi dengan call Sign P4302 Tipe Bell 429 rombongan Kapolda NTT disambut oleh Kapolres Sabu Raijua AKBP Jakob Seubelan, S.H., Sekda Kabupaten Sabu Raijua, Anggota Dewan Kabupaten Sabu Raijua dan Danramil 1604-08/ Sabu Raijua.

Selanjutnya, Rombongan Kapolda NTT menuju ke Desa Raemahdia, Kecamatan Sabu Barat untuk melihat kondisi terkini pasca bencana alam sekaligus memberikan bantuan sosial TNI-POLRI peduli NTT kepada empat orang perwakilan warga terdampak bencana yang disaksikan oleh Plt. Camat Sabu Barat Yulens Koro, Kepala Desa Raemafia Filemon Y. Ha'e dan seluruh Warga Desa Raemadia.

Kapolda NTT menyampaikan TNI dan Polri sebagai representasi negara sejak terjadi bencana sudah hadir dan berharap masyarakat agar segera dapat bangkit untuk terus membangun.

Setelah memberikan bantuan, rombongan Kapolda NTT melanjutkan perjalanan menuju KPU terkait kesiapan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT menyampaikan di aula Kantor KPUD yang dihadiri Plh. Ketua KPU Sabu Raijua, Ketua Bawaslu Sabu Raijua dan Anggota Komisioner KPU Sabu Raijua bahwa Polda NTT sangat konsen atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Putusan MK adalah putusan terbaik yang harus kita patuhi bersama-sama. Ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama dan motivasi kita bersama untuk antisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan", ucap Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga menyarankan agar tahapan-tahapan dapat dilaksanakan secara cerman, teliti khususnya yang nantinya akan melakukan PSU lagi.

Ia juga meminta Kapolres Sabu Raijua dan Danramil 1604-08/ Sabu Raijua agar betul-betul support pelaksanaan PSU di Sabu Raijua.

"KPU tidak boleh ragu karena TNI POLRI akan siap mengamankan", tegas Kapolda NTT.

"Laksanakan conditioning system terhadap paslon dengan menyampaikan kepada masing-masing pendukung, untuk tidak muda percaya pada hoax. Polda telah melaksanakan monitoring di dunia cyber terkait hoax dan ujaran kebencian terkait PSU Sabu Raijua", jelasnya.

Selesai pertemuan, Rombongan Kapolda NTT melakukan pengecekan kondisi pelabuhan Laut Saba dalam rangka pemantauan proses evakuasi kapal Cantika Lestari 10 C.

Di Pelabuhan, Kapolda NTT menekankan agar pihak keamanan yakni Anggota KP3 Laut Polres Sabu Raijua, Pelabuhan Seba dan Anggota Koramil Seba dalam proses evakuasi mengutamakan keselamatan warga yang berada di Pelabuhan agar tidak terjadi kecelakaan dalam proses evakuasi kapal cantika 10c.