Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polda NTT Gelar Senam Sehat Bersama dan Pengobatan Massal

Meriahkan Hari Bhayangkara ke-77, Polda NTT Gelar Senam Sehat Bersama dan Pengobatan Massal

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Polda NTT melaksanakan bakti Kesehatan berupa Vaksinasi Covid-19 dan Pengobatan Massal, Sabtu (24/6/2023) pagi, sekitar pukul 07.00 Wita.

Selain Bakti kesehatan juga dilaksanakan senam sehat bersama yang diikuti oleh ratusan orang mulai masyarakat, Anggota Polri dan juga Bhayangkari Polda NTT.

Kegiatan ini dilaksanakan di Car Free Day, Jalan El Tari Kota Kupang, yang juga dihadiri Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT Ny. Vera Cristina Sirait Asadoma, M.Sc., Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, dan Para Pejabat Utama Polda NTT.

Tampak hadir juga dalam kegiatan ini, Dandrem 161/Wirasakti Kupang, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, kepala Jasa Raharja dan unsur Forkopimda.

Dalam kegiatan ini menargetkan 500 pasien mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada pemeriksaan kesehatan massal ini menurunkan tim para dokter dan tenaga medis dari TNI- Polri.

Adapun Pemeriksaan spesialis mulai (Penyakit dalam , THT, konservasi gigi, gizi,saraf, jantung, anak). Kemudian Pemeriksaan komposisi tubuh, Pemeriksaan Lab sederhana, Penyuluhan gigi dan Peragaaan simulasi BHD (Bantuan hidup dasar) untuk awam.

Dalam sambutan Kapolda NTT mengucapkan terimakasih atas kehadiran di tempat ini, pada acara Bhakti Kesehatan dalam rangka hari  Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 tahun 2023.

"Kegiatan bhakti kesehatan yang saat ini kita laksanakan semoga betul-betul bisa menyentuh masyarakat yang membutuhkan bantuan-bantuan kesehatan. Dan tentunya ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 yang mengusung tema “Polri presisi untuk negeri, pemilu damai untuk indonesia emas”, ucap Kapolda NTT.

Rangkaian kegiatan bhakti kesehatan ini nantinya diawali dengan senam zumba yang diikuti oleh masyarakat umum dan personel TNI-Polri selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan secara gratis bagi masyarakat kota kupang.

Disamping itu, dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-77 Polda NTT telah melaksanakan beberapa kegiatan sebelumnya yakni mulai dari Pembangunan fasilitas pengeboran sumur air bersih di lima lokasi bagi warga masyarakat yang masih kekurangan air bersih.

"Kegiatan itu dilakukan di kabupaten nagekeo, kabupaten Sumba Barat, kabupaten Alor dan kabupaten Rote Ndao", terangnya.

Selain itu ada Bkasos religi (baksos religi pemeliharaan / perawatan / pembersihan tempat ibadah sejumlah 45 tempat ibadah gereja 22 tempat, masjid 15 tempat, dan pura 8 tempat), bansos pemberian paket sembako sementara sejumlah 3.850 paket. Bedah rumah (3 rumah) bagi personil Polri, ASN, Purnawirawan / Warakawuri dan masyarakat umum wilayah Polda NTT.

"Serta Pelatihan bantuan hidup dasar untuk memecahkan rekor muri dengan target nasional 38.500 peserta. Dan Donor darah dimana target Polda NTT sebanyak 500 kantong darah yang akan di sumbangkan ke PMI", tambahnya.

Perlu diketahui bersama bahwa, saat ini di bidang kesehatan perlu penanganan yang lebih serius, disisi lain kebutuhan dan perekonomian yang masih dalam kondisi belum cukup baik pasca dampak covid-19 membuat masyarakat masih sulit untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang layak.

"Untuk itu melalui kegiatan bakti kesehatan kita ini, diharapkan memberikan dampak positif untuk terbangunnya indikasi kesehatan masyarakat yang lebih baik. Kegiatan bakti kesehatan ini juga merupakan wujud nyata kemitraan Polri dengan masyarakat", jelasnya.

Dimana perlu menyadari bahwa kemitraan Polri dengan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam mengupayakan terwujudnya kondusifitas keamanan dalam negeri, khususnya dalam mengawal tahun politik 2024.

"Oleh karena itu dengan adanya bakti kesehatan ini, diharapkan dapat membantu saudara kita yang sedang dalam kekurangan dan kesusahan mendapatkan fasilitas kesehatan, semoga tuhan yang maha kuasa selalui menuntun apa yang telah kita lakukan dan mengabulkan doa serta harapan kita semuanya", harapnya.

Jenderal Bintang Dua ini pun berharap semoga peringatan hari bhayangkara ke-77 ini, dapat dijadikan monentum untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia yang berdaulat.

"Jadikan kegiatan ini sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas hidup, khususnya disaat banyaknya kegiatan rutin kepolisian dan kegiatan lainnya dalam menjaga keamanan dalam negeri dalam bentuk perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat", tegasnya.

Diakhir sambutannya, Kapolda mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari semua unsur terkait sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi pemerintah daerah provinsi NTT, unsur forkopimda dan elemen masyarakat serta seluruh anggota TNI-Polri yang hadir di tempat ini dalam mengikuti bhakti kesehatan menyongsong rangkaian hut bhayangkara ke-77 tahun 2023", pungkasnya.