Ops Patuh Ranakah di Kota Kupang, Sejumlah Pengendara Diberikan Masker

Ops Patuh Ranakah di Kota Kupang, Sejumlah Pengendara Diberikan Masker

Tribratanewsntt.com,- Personel Ditlantas Polda NTT yang tergabung dalam Operasi Patuh Ranakah menggelar kegiatan humanis di wilayah Kota Kupang, Jumat (1/10/2021).

Kegiatan hari ini dipimpin oleh Kasat PJR Ditlantas Polda NTT Kompol Yavred Adiberd Adoe menyasar dua Kelurahan yakni Kelurahan Merdeka dan Kelurahan Namosain Kota Kupang.

Adapun personel yang terlibat dalam kegiatan Operasi Patuh Ranakah ini berjumlah 15 orang personel gabungan yang terdiri dari 10 orang Ditlantas Polda NTT, Dua orang personel Intel, satu orang Provost dan dua orang dari POM AD.

Sejumlah pengendara roda dua dan roda empat, bahkan sopir truk, para penumpang angkutan kota  yang kedapatan tidak menggunakan masker, langsung ditahan dan diberi imbauan secara humanis untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dikesempatan tersebut Kasat PJR Ditlantas Polda NTT Kompol Yavred Adiberd Adoe mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di tengah pandemi covid-19.

"Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19," ujarnya.

Kegiatan operasi patuh ini dilaksakan secara simpatik dalam hal ini tidak adanya penindakan terhadap pelanggar dan hanya bersifat peneguran, selanjutnya di bagikan masker kesehatan kepada pengendara maupun pejalan kaki yang tidak menggunakan masker.

"Operasi patuh ini, merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19,"tandasnya.