Kapolda NTT Pimpin Langsung Pengamanan Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 H di Kota Kupang

Kapolda NTT Pimpin Langsung Pengamanan Pawai Takbiran Idul Fitri 1444 H di Kota Kupang

Tribratanewsntt.com - Polda NTT dan instansi terkait lainnya melakukan pengamanan pawai takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah umat muslim di Kota Kupang, Jumat (21/4/2023) malam.

Pengamanan pawai Takbiran itu dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., didampingi Danlanud El Tari Kupang Marsekal Pertama TNI Aldrin Petrus Mongan, S.T., M.Hum., M.Han., Kasrem 161/Wirasakti Kupang Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi dan Perwakilan dari Danlantamal Kupang.

Hadir juga Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto, pejabat Utama Polda NTT dan dari masing-masing kesatuan dari TNI, Pejabat Walikota Kupang, Toga, Tomas, Dinas Perhubungan dan Banser.

Kegiatan ini mengambil tema "Menenun keberagaman, wujudkan NTT bangkit sejahtera".

Kegiatan pawai darat dimulai dengan pemukulan Beduk oleh Kapolda NTT didampingi Pejabat TNI dan Tokoh Agama.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT menghadiri kegiatan pawai Darat gebyar takbir Flobamorata memperingati hari Raya idul fitri 1444 / 2023 M, di jalan El Tari depan gereja Anugerah. Sedangkan Wakapolda NTT menghadiri giat pawai Takbiran bahari (laut)di Kelapa Lima.

Kapolda NTT mengatakan bahwa tema memelihara merawat kebhinekaan di NTT menjadi suatu tradisi dari seluruh pemeluk agama

"Yang tujuannya dengan kita mempunyai keberagaman dan toleransi agar tercipta kerjasama membantu NTT lebih maju untuk bangsa dan negara", ucap Kapolda NTT.

Dikatakannya bahwa pemuda adalah motor pembangunan dan aktivitas yang positif bagi masyarakat dan menunjukan dalam waktu yang singkat menyiapkan gebyar takbir dalam tangka satu syawal yang menandai puasa dengan hari kemenangan.

"Bahwa puasa kita mampu mengendalikan keinginan diri kita tidak berhenti sampai disini tali kita harus mengendalikan hawa nafsu kita tanpa melihat kebutuhan orang lain dan kita harus bawa kehidupan kita sama kehidupan kita sehari-hari", tambahnya.

Diketahui kegiatan diikuti kurang lebih 100 mobil dan kurang lebih 500 motor tertib dan teratur sesua dengan tata tertib dari panitia dan yang menyaksikannya menjadi terhibur meriah megah dan teratur semua yang ikut bahagia dan senang.

"Bahwa setelah pawai dan gebyar takbir tidak ada kegiatan lanjutan apalagi kebut-kebutaan dengan keliling kota dan harus kembali kerumah dan lingkungan atau mesjid dipersilahkan dan selesai dengan tertib dan teratur", tegasnya.

Selamat kepada panitia dan semua elemen yang sudah ikut menata dan mengatur.

"Terimakasih kepada ibu pendeta Mery dan jemaat yang telah memberikan tempat start konvoi didepan gereja anugerah. Selamat idul fitri minal aidin walfaidzin dan mohon maaf lahir bathin dan selanjutnya dilaksanakan pelepasan gebyar takbir", tandasnya.

Untuk diketahui bahwa Pawai takbir akbar laut bergerak mulai dari pantai kelapa lima Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang , Dengan rute dari pelabuhan Nunbaun Sabu, pantai LLBK dan finish di pantai Kelapa lima depan hotel Aston Kupang. Sedangkan pawai darat dengan rute dari jalan Eltari, Koenino, Oeba, Kelapa Lima, Bundaran PU, Walikota dan Finish di Jalan El Tari.

Dalam pengamanan ini Polda NTT bersama Polres Kupang Kota menerjunkan anggota pengamanan sebanyak 186 terdiri dari 123 personel untuk pam pawai darat dan 64 personel pam pawai laut.

Dari hasil pawai darat maupun pawai laut tidak ditemukan potensi kerawanan yang menonjol di Kota Kupang pada saat digelarnya pawai malam Takbiran.