Pantau Lalu Lintas Pelayaran, Kapolres Belu Gelar Patroli Perairan di Wilayah Tapal Batas

Pantau Lalu Lintas Pelayaran, Kapolres Belu Gelar Patroli Perairan di Wilayah Tapal Batas

Usai melaksanakan kunjungan kerjanya di Mako Sat Pol Airud Polres Belu, Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si melakukan patroli perairan di wilayah tapal batas RI-RDTL,sabtu (3/10/2020) pukul 13.20 WITA.

Dalam patroli tersebut, Kapolres Belu didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Belu, Ny.dr.Iffi Khairul Saleh, Kabag Ren Polres Belu, KOMPOL Alfonsus Hale Mau, Kasat Pol Airud, IPTU D.Djoni Panta, Kapolsek Kakuluk Mesak, IPTU Syamsul Arifin, SH, anggota Pol Air serta sejumlah pengurus Cabang Bhayangkari Belu.

Menggunakan Kapal Patroli Polisi Ndao 3009 Dit Pol Air Polda NTT, Kapolres Belu dan rombongan, bergerak dari dermaga Atapupu hingga perairan Motaain yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste. 

Saat berada di tengah laut, Kapal yang ditumpangi Kapolres Belu dan rombongan berpapasan dengan salah satu perahu nelayan yang sedang mencari ikan.

Kapal patroli pun langsung mendekati perahu tersebut dan mengambil posisi sangat rapat dengan perahu nelayan.

Kepada nelayan yang sedang melaut, Kapolres Belu berpesan agar tidak menggunakan bahan peledak saat menangkap ikan karena tindakan tersebut akan merusak ekosistim laut

Selain itu, Kapolres juga meminta para nelayan agar tidak segan melapor ke aparat Kepolisian khususnya anggota Sat Pol Air , KP3 Laut maupun angkatan laut TNI, apabila disaat melaut, menemukan kapal yang dicurigai membawa barang selundupan dari dan menuju Timor Leste (RDTL).

"Hari ini kebetulan Saya melakukan kunjungan kerja ke Sat Pol AIr sehingga Saya sempatkan untuk melakukan patroli perairan guna memantau lalu lintas di perairan. Situasi di perairan secara umum kondusif"kata Kapolres Belu.

"Tidak ada aktivitas masyarakat yang menjurus pada ilegal fishing maupun pelanggaran lintas batas. Terlepas dari itu, tadi Kita imbau beberapa nelayan yang Kita temui supaya utamakan keselamatan dalam melaut dan siap memberikan informasi ke Kepolisiain bilamana ada pelanggaran hukum di perairan Atapupu"pungkas Kapolres Belu.