Patroli Pesisir di Wilayah Kelurahan Gege, Personil Ditpolairud Imbau Nelayan Jaga Ekosistem Laut

Patroli Pesisir di Wilayah Kelurahan Gege, Personil Ditpolairud Imbau Nelayan Jaga Ekosistem Laut

Tribratanewsntt.com - Personil Ditpolairud Polda NTT melaksanakan kegiatan patroli dan pembinaan masyarakat (Binmas) perairan kepada masyarakat nelayan di daerah pesisir pantai Kelurahan Gege, Larantuka, Kabupaten Florey Timur, Rabu (1/9/2021).

Kegaiatan patroli rutin pembinaan masyarakat ini dipimpin oleh Bripka Rusli Usman bersama tiga anggotanya yang bertugas di KP.P BATEK XXII-3003.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Rusli Usman mengajak masyarakat nelayan untuk selalu patuhi Prokes guna terhindar dari penyebaran Covid-19.

Dikatakannya bahwa saat beraktivitas diluar rumah tetap disiplin mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun guna memutus rantai penyebaran Covid-19. "Kedisiplinan dalam pencegahan Corona harus dimulai dari kita sendiri, lingkungan kita dan orang di sekitar kita", ujar Bripka Rusli Usman

Selain memberikan imbauan prokes kepada para nelayan, ia juga diminta untuk tidak menangkap ikan menggunakan Bahan peledak dan potasium karena dapat merusak ekosistem bawah laut.

"Kami ingatkan mereka agar tetap waspada dan berhati-hati, perhatikan kondisi cuaca, lengkapi alat keselamatan dan kami juga mengingatkan mereka untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dengan melakukan penangkapan ikan menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan", tegasnya.

Menurutnya, para nelayan dalam beraktivitas di laut ataupun dilingkungannya agar saling memberi informasi dan menyampaikan keluhan masyarakat terkait masalah kamtibmas yang terjadi di wilayah pesisir maupun lautan. "Sehingga bila menemukan hal tersebut masyarakat dapat menginformasikan kepada Ditpolairud maupun Polsek setempat dan tidak lupa untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan", harapnya.

"Semoga dengan kegiatan himbauan keselamatan dan dialogis dengan nelayan di pesisir pesisir pantai Kelurahan Gege, dapat menghindari diri dari ancaman penyebaran covid 19 dan bersama peduli terhadap kamtibmas yang kondusif", tandasnya.