Pelaksanaan PSU di Setiap TPS Pilkada Sabu Raijua Berjalan Aman dan Lancar, Kapolda NTT : Pengamanan Terus Dilakukan Hingga Tahapan PSU Berakhir

Pelaksanaan PSU di Setiap TPS Pilkada Sabu Raijua Berjalan Aman dan Lancar, Kapolda NTT : Pengamanan Terus Dilakukan Hingga Tahapan PSU Berakhir

Tribratanewsntt.com - Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sabu Raijua di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 6 Kecamatam di Kabupaten Sabu Raijua berjalan aman dan lancar.

"Sampai saat ini situasi pasca Pemungutan Suara di TPS terpantau aman dan lancar," singkat Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H di Mapolda NTT, Kamis (8/7/2021).

Dijelaskannya, setelah penghitungan suara selesai, seluruh Logistik PSU di masing-masing TPS langsung diamankan di sekretariat PPK (Kantor Camat) atas pengawalan personel PAM TPS (Polri) yang akan dilanjutkan dengan Tahap Rapat Pleno tingkat PPK.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum melalui Kabidhumas Polda NTT menegaskan bahwa, pengamanan terus kita lakukan, dimana sesuai dengan tahapan pelaksanaan rekapitulasi tingkat PPK akan dilaksanakan tanggal 8 hingga 12 Juli 2021 dan Rekapitulasi tingkat KPU akan dilaksanakan tanggal 11 hingga 15 Juli 2021 mendatang.

"Saat ini seluruh kotak suara sudah berada di 6 kecamatan dan dilakukan pengamanan oleh personel Polri dan TNI di PPK yang dikoordinir oleh masing-masing Perwira Pengamat Wilayah(Pamatwil)", jelas Kabidhumas Polda NTT.

Lanjut Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H menambahkan bahwa, pengamanan dilakukan dengan cukup maksimal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pengamanan terdiri dari 172 personel BKO Polda NTT dan 80 personel organik Polres Sabu Raijua, 49 personel TNI serta 360 personel Linmas.

"Personel pengamanan PSU di Kabupaten Sabu Raijua tersebut, Kapolda NTT mengerahkan 172 personel Polda NTT yang di BKO khusus ditambah personel organik dari Polres Sabu Raijua dan TNI serta Linmas", tambahnya.

Kapolda NTT juga menyampaikan, situasi yang aman dan kondusif harus terus terawat dan dipertahankan secara bersama-sama agar tetap aman dan damai, hingga selesai tahapan PSU Pilkada Sabu Raijua.

"Semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menciptakan rasa aman. Siapapun yang menang mereka adalah pilihan rakyat Sabu Raijua", tandasnya.