Pengamanan Sholat Id 1443 H di Kota Kupang, Kapolda NTT : Puji Syukur Kepada Tuhan, Semuanya Berjalan dengan Baik dan Tertib

Pengamanan Sholat Id 1443 H di Kota Kupang, Kapolda NTT : Puji Syukur Kepada Tuhan, Semuanya Berjalan dengan Baik dan Tertib
Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Mapolda NTT diikuti oleh Kapolda NTT beserta keluarga, Senin (2/5)

Tribratanewsntt.com - Anggota Polda NTT yang terlibat Operasi Ketupat Turangga 2022 dan Polresta Kupang Kota mengamankan jalannya ibadah Sholat Id atau Idul Fitri 1443 H tahun 2022 di beberapa titik lokasi di Kota Kupang, Senin (2/5/2022).

Pengamanan di lokasi-lokasi yang menjadi titik kegiatan sholat Id 1443 H juga bantu oleh anggota dari TNI maupun Instansi pemangku kepentingan lainnya ini berjalan aman dan lancar.

Pelaksanaan sholat Id pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H di wilayah Kota Kupang pun digelar di 16 titik lokasi tepat pada pukul 06.30 Wita.

Adapun titik lokasi pelaksanaan Sholat Id 1443 H di wilayah Kota Kupang diantaranya, Lapangan Utama Mapolda NTT, Lapangan Asrama Tentara Kuanino, Lapangan KOREM 161/ WS Kupang, Lapangan Brimobda NTT, Lapangan Lanud El Tari Kupang, Lapangan TNI AL Osmok, Masjid Nurul Hikmah Tenau, Area Parkir Lippo Plaza Kupang, Lapangan Upacara Walikota Kupang, Lapangan Kampus Muhammadiyah, Masjid Nurusaadah Fontein, Masjid Rothotul Jannaah Sikumana, Masjid Darul Hijrah Kolhua, Masjid Al Fatah Kapung Solor, Masjid Al Fitrah Oesapa, dan di Masjid Al Hidayah Oesapa.

Di setiap titik lokasi diamankan oleh anggota gabungan baik dari Polri, TNI dan Instansi terkait lainya dan setiap lokasi dipimpin oleh perwira penanggung jawab lapangan.

Sementara itu, pelaksaan Sholat Id 1443 H di lapangan Mapolda NTT diikuti oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H, M.H beserta keluarga dan ribuan umat yang berasal dari Masjid Al-Muawwanah Polda NTT, Masjid Nurul Imam Oebobo, Masjid Darussalam Sikumana, Masjid Mujahidin Oepura, Masjid Nurul Huda Pasar Inprs, Masjid Al-Taqwa Naikoten, Masjid Nurul Yaqien Oetona, Masjid Baiturrahman  Bakunase dan Masjid Nur Musafir Batuplat.

Pengamanan Sholat Idul Fitri 1443 H di salah satu titik di Kota Kupang, tepatnya di Brimobda NTT, Senin (2/5)

Bertindak sebagai Khatib Ustad Muhammad Nur Nazli, S.Ag dan wakil khatib, Drs H. Ramli Deni. Bilal ustad Abdullah Baso, SKM dan wakil ustad Zulkifli Adang, S.Sos. Sedangkan imam, ustad H. Ramli Arsyad dan wakil ustad Abdul Haris Beda.

Pengamanan di Lapangan Mapolda NTT ini dilakukan baik pengamanan terbuka maupun tertutup. Selain pengamanan di sekitar  lapangan juga dilakukan pengaturan arus lalu lintas di depan dan sisi kiri gedung Mapolda NTT.

Ibadah Sholat Id 1443 H Tahun 2022 merupakan Ibadah puncak setelah umat Muslim melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh dalam bulan suci Ramadahan untuk merayakan kemenangan dan secara umum pelaksanaan Sholat Id 1443 H Tahun 2022 di beberapa lokasi yang berada di wilayah Kota Kupang berlangsung aman dan kondusif.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H menyamapikan ucapan syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas terlaksananya ibadah Sholat Id 1443 H di wilayah NTT berjalan dengan baik dan tertib.

Khusus yang di lapangan Mapolda NTT, Kapolda NTT menyatakan kegiatan diikuti boleh umat muslim dari sembilan masjid yang ada di sekitar Polda NTT, dimana antusiasme masyarakat cukup banyak mengikuti kegiatan ibadah  dengan baik.

"Tadi kita awali sholat Idul Fitri sekitar jam 06.45 Wita, kemudian dilanjutkan dengan ceramah dari Khatib. Kita lihat antusias masyarakat, antusias warga  mulai dari yang dewasa, remaja sampai dengan anak-anak, semuanya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Harapannya, bahwa apa yang disamapikan oleh Khatib tadi merupakan suatu bentuk kemenangan dari umat Muslim setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.

"Muda-mudahan hikmah dari pelaksanaan ibadah puasa dan dirangkaikan dengan perayaan Idul Fitri ini menjadi momentum yang baik untuk satu tahun kedepan sampai dengan ibadah puasa berikutnya", harap Irjen Pol Drs. Setyo Budiyanto, S.H., M.H.

"Muda-mudahan kita semuanya, masyarakat Provinsi NTT diberikan kesehatan, diberikan kekuatan oleh Tuhan yang maha kuasa untuk dapat melaksanakan dengan aktifitas dengan sebaik-baiknya", tambahnya.

Terkait Kamtibmas pada pelaksanana Sholat Id 1443 H di wilayah NTT , Jenderal Bintang Dua ini menyatakan bahwa, semuanya tetap dijaga oleh TNI Polri dan Instansi pemangku kepentingan lainnya serta melibatkan para remaja masjid.

"Kamtibmas secara umum, samapi dengan hari ini berdasarkan laporan dari para Kapolres dan Kapolresta, semuanya puji syukur kepada Tuhan, masih tertib dan kondusif. Muda-mudahan kedepannya NTT tetap dalam keadaan dan tertib", tandas Kapolda NTT.