Perkuat Sinergitas Polri dan Akademisi, Kabidhumas Polda NTT Silaturahmi dengan Rektor Undana Kupang

Perkuat Sinergitas Polri dan Akademisi, Kabidhumas Polda NTT Silaturahmi dengan Rektor Undana Kupang

Tribratanewsntt.com - Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H. melakukan kunjungan silaturahmi dengan Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang di Kampus Undana Kupang, Penfui, Kota Kupang, Rabu (16/3)2021).

Kunjungan tersebut langsung disambut hangat oleh Rektor Undana Kupang Prof. Fredrik L. Benu, Ph.D., di ruang kerjanya.

Kabidhumas Polda NTT menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan ini sebagai ajang silaturahmi untuk memperkuat sinergitas Polri dengan Akademisi sekaligus memperkenalkan diri sebagai Kabidhumas Polda NTT yang baru, sekaligus berkoordinasi untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan kedua belah pihak.

Ia berharap kerja sama Polri khususnya Polda NTT dan Kampus harus terus ditingkatkan karena Kampus menjadi mitra yang strategis dalam mengelola situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

Selanjutnya, Kabidhumas juga menjelaskan terkait Program Prioritas Kapolri menuju transformasi POLRI yang Presisi, terutama mengenai Virtual Police. Dimana Virtual Police ini hadir sebagai bagian dari pemeliharaan Kamtibmas khususnya di ruang digital agar bersih, sehat dan produktif.

Virtual Police juga merupakan kegiatan Kepolisian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang narasi atau konten yang dianggap berpotensi melanggar tindak pidana.

“Bahwa melalui Virtual Police, kepolisian dapat memberikan edukasi dan pemberitahuan bahwa, apa yang ditulis ada melanggar pidana, mohon jangan ditulis kembali dan dihapus", terang Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

Selain itu, Ia berharap bersama-sama dengan pihak kampus untuk saling berkontribusi dalam membangun sebuah informasi publik yang tentunya tidak hanya berisi tentang informasi tetapi lebih juga kepada edukasi. Dan yang penting perlunya membangun karakter masyarakat untuk bisa memberikan informasi yang benar dan bisa merespon setiap berita itu dengan positif.

Sementara itu Rektor Undana Kupang  Prof. Fredrik L. Benu, Ph.D. menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Polda NTT. Menurutnya kunjungan yang dilakukan merupakan langkah yang baik dalam rangka menjalin sinergitas.

“Kunjungan silaturahmi ini merupakan bagian penting untuk semakin memperat hubungan kerjasama antara Polda NTT dengan Undana baik di bidang pendidikan maupun kamtibmas,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa, di Universitas Nusa Cendana Kupang menaruh kepercayaan yang tinggi kepada Polda NTT baik dalam bidang SDM maupun program kerja sama dalam bidang lainnya.

"Termasuk program pelatihan bagi anggota Polri yang memasuki masa pensiun dengan melakukan pelatihan keterampilan seperti Pertenakan dan Pertanian", tandasnya.

Pertemuan ini diakhiri dengan penyerahan majalah Ttibratanews Polda NTT oleh Kabidhumas Kepada Rektor Undana Kupang.