Personel Ditpolairud Polda NTT Gelar Patroli Cek Kelengkapan Kapal Sekaligus Imbau Prokes

Personel Ditpolairud Polda NTT Gelar Patroli Cek Kelengkapan Kapal Sekaligus Imbau Prokes

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka meningkatkan keselamatan alur pelayaran di perairan Kupang, Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda NTT melaksanakan pemeriksaan Dokumen kapal dan muatan serta alat keselamatan diatas kapal.

Seperti yang dilakukan oleh Crew KPXVII-2002 saat melaksanakan patroli melakukan pemeriksaan dokumen kapal KLM.CEP 04, GT.20 di perairan sekitar pulau Kambing, Kabupaten Kupang, Senin (3/8/2021).

Crew Kapal Polisi KPXVII-2002 dipimpin oleh Bripka Arianto Mbatu bersama 3 anggotanya melakukan pemeriksaan dokumen berupa SPB, SIPI, SLO dan surat ukur kapal serta alat keselamatan berupa kelayakan pelampung dan jaket/rompi penolong (Life Jacket) dan alat pemadam kebakaran.

Dalam pemeriksaan ini, dokumen lengkap dan tidak di temukan pelanggaran di atas kapal, personel Ditpolairud Polda NTT pun memberikan pengarahan terhadap Crew kapal tersebut tentang pentingnya kelengkapan dokumen dan alat keselamatan diatas kapal.

Selain itu, kepada nahkoda dan crew kapal juga diberi imbauan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Ditpolairud Polda NTT Kombes Pol. Nyoman Budiarja, S.I.K melalui Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H. menjelaskan, patroli perairan yang dilakukan oleh Personel Ditpolairud Polda NTT ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk pencegahan terhadap tindak pidana di perairan di wilayah NTT.

Sehingga para nelayan dan pengguna transportasi laut khususnya yang berada di wilayah hukum Polda NTT merasa aman.

“Selain untuk mencegah terjadinya tindak pidana, tujuan dari patroli perairan ini juga sebagai sarana sosialisasi protokol kesehatan guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah perairan,” jelas Kombes Pol Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H.