Perpustakaan Nasional RI Tempatkan Pojok Baca Digital di Polda NTT

Perpustakaan Nasional RI Tempatkan Pojok Baca Digital di Polda NTT
Perpustakaan Nasional RI Tempatkan Pojok Baca Digital di Polda NTT

Tribratanewsntt.com,- Wakil Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Wakapolda NTT) Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si mewakili Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum meresmikan pengoperasian Pojok Baca Digital (Pocadi), Selasa (23/11/21).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasres 161 WS Kupang, Aspers Lantamal VII, Kadispers Lanud Eltari, Kabinda NTT, General Mannejer PT. Angkasa Pura, Irwasda Polda NTT serta para pejabat utama Polda NTT.

Hadir juga Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTT beserta pejabat structural dan fungsional, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Kepala Kantor LLDIKTI Wilayah 15 dan Ketua KBP3 Polri.

Dalam sambutan Kapolda NTT yang dibawakan Wakapolda NTT memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI dan pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi NTT atas kerja samanya sehingga dapat menempatkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Polda NTT. 

“Pemerintah Indonesia sedang menggelorahkan semangat literasi sebagai upaya dan wujud komitmen pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan menguasai segala ilmu pengetahuan dan tekhnologi melalui aktivitas membaca, yang berawal dari perpustakaan. Oleh karena itu, perpustakaan mempunyai peran yang sangat vital, penting dan strategis”ujar Wakapolda NTT dalam sambutannya.

Sudah menjadi tugas bersama sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban dan kesejahteraan umat manusia. 

“Seiring dengan perkembangan tekhnologi begitu pesat melalui perubahan tekhnologi modern 4.0. maka menuntut juga peralihan media perpustakaan dari buku menjadi perpusatakaan digital (e-book). Hal ini sangat membanggakan dan memberikan kemudahan dalam pelayanan literasi. Selain itu, menunjukkan bahwa kita selalu adaptif terhadap perkembangan jaman. Untuk itu, kehadiran pojok baca digital di Polda NTT patut disyukuri karena dapat memberikan manfaat bagi intitusi Kepolisian khususnya Polda NTT”lanjutnya.

Dengan demikian, Kapolda NTT mengajak kepada seluruh personil Polda NTT guna memanfaatkan pojok baca digital ini sebaik- baiknya. Pojok baca digital ini, memuat berbagai informasi, ilmu pengetahuan dan tekhonogi baik bersifat umum maupun khusus kepolisian, maka diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi Kepolisian guna menciptakan SDM Polri yang profesional, unggul dan inovatif guna mendukung program Kapolri Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). 

“Untuk itu, kita harus membudayakan gemar membaca di kalangan personil Polri, karena dengan membaca kita dapat mengetahui informasi, ilmu pengetahuan dan dapat menemukan metode-metode inovatif dalam hal tekhnologi kepolisian guna mendukung tugas Polri menuju Polri yang Presisi”tambahnya.

Semoga Pocadi bisa benar-benar bermanfaat dan dapat meningkatkan minat baca personil Polri sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi Kepolisian dan kualitas SDM Polri yang profesional, unggul dan inovatif menuju Polri yang presisi.