Polda NTT 8 Kali Berturut-Turut Mendapat Opini Penilaian WTP dari BPK-RI, Kabidkeu : Pertahankan dan Jadikan Sebagai Budaya di Lingkungan Polri

Polda NTT 8 Kali Berturut-Turut Mendapat Opini Penilaian WTP dari BPK-RI, Kabidkeu : Pertahankan dan Jadikan Sebagai Budaya di Lingkungan Polri

Tribratanewsntt.com - Bidang Keuangan (Bidkeu) Polda NTT menggelar kegiatan pembukaan penyusunan dan penyajian laporan keuangan (Sunlapkeu) Polri Satker jajaran Polda NTT semester I tahun 2021, Senin (12/7/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Sylvia, Kota Kupang ini, dibuka langsung oleh Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda NTT Kombes Pol. Drs. Sofyan Tanjung dan dihadiri para Kaurkeu, Kasikeu, Operator SAIBA, Operator Simak BMN, Benma dan Operator Sunlapkeu seluruh jajaran Polda NTT.

Kegiatan yang dilaksanakan mengambil tema “Dengan Rekonsiliasi SAIBA dan SIMAK BMN Polda NTT Semester I Tahun 2021 kita Pertahankan Opini WTP dari BPK-RI”.

Mengawali sambutannya, Kabidkeu Polda NTT Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung menyampaikan ucapan terima kasih atas pencapaian opini penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK-RI untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut.

"Opini WTP ini merupakan suatu prestasi tertinggi dalam penilaian atas laporan keuangan di lingkungan kementrian/lembaga, oleh karena itu kita patut bersyukur atas prestasi yang kita capai tersebut dan saya memberikan apresiasi yang sangat khusus kepada para operator Saiba dan Simak BMN yang telah bekerja keras, cerdas, ikhlas dan tuntas sehingga opini WTP tersebut dapat kita pertahankan", ucap Kombes Pol Drs. Sofyan Tanjung.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaporan keuangan Polri semester I 2021, dimana masih ada beberapa hal baru serta current issues akuntansi dan pelaporan  keuangan tahun 2021 yang perlu di antisipasi.

Terkait hal itu, Kabidkeu Polda NTT mengharapkan dengaan rekonsiliasi ini, peserta dapat berpedoman pada surat direktur jenderal pembendaharaan yang mengatur mengenai pelaksanaan rekonsiliasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Kementrian Negara/Lembaga semester I tahun 2021 demi menngkatkan kualitas pelaporan dan mempertahankan opini WTP seerta menjadikan pencapaian penilaian WTP sebagai suatu budaya di lingkungan Polri.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak para pengemban fungsi logistik dan keuangan di satker jajaran Polda NTT  untuk saling berkoordinasi dalam mengatasi segala permasalahan terkait integrasi data BMN, meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi dan informtika, mengawal e-rekon dalam penggunaan aplikasi teraupdate, baik itu SIMAK BMN maupun SAIBA dan menjaga serta meningkatkan kinerja para operator dengan pemberian perhatian dan reward.

“Saya sampaikan selamat melaksanakan kegiatan rekonsiliasi dalam rangka penyusunan laporan barang dan laporan keuangan Polda NTT semester I tahun 2021. Tetaplah semangat, jaga kondisi kesehatan dan semoga sukses selalu”, tandasnya.