POLDA NTT DAN JAJARAN MENGIKUTI VIDEO CONFERENCE LAUNCHING E-TILANG, SIM ONLINE DAN E-SAMSAT

POLDA NTT DAN JAJARAN MENGIKUTI VIDEO CONFERENCE LAUNCHING E-TILANG, SIM ONLINE DAN E-SAMSAT

Tribratanewsntt.com,- Polda NTT dan Jajarannya mengikuti acara Video Conference Launching E-Tilang, SIM Online dan E-Samsat oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, pagi tadi (16/12/16) pukul 09.00 Wita di Rupatama Polda NTT.

Hadir dalam acara Video Conference tersebut  Waka Polda NTT Drs. Sumartono Johanan, S.H., M.M., Kadis Penda Provinsi NTT yang mewakili Gubernur NTT, Kejaksaan Tinggi, Pengadilan Tinggi, BRI Cabang Kupang, Pejabat Utama Polda NTT dan seluruh undangan yang hadir.

Terobosan yang dilakukan Korps. Lalulintas ini dengan di Launchingnya E-Tilang, SIM Online dan E-Samsat terkait dengan peningkatan serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan juga mencegah terjadinya pungli oleh oknum petugas.

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan  dengan dilunchingnya E-Tilang, SIM Online dan E-Samsat ini maka diharapkan budaya koruptif yang masih ada di kepolisian bisa diberantas sehingga kepercayaan publik terhadap polisi semakin tinggi.

Kapolri juga mengatakan bahwa tilang kita ini dikriminalisasi. Ketika tilang masuk ke peradilan pidana. Ditangkap oleh polisi, disita, dia ditilang, setelah itu masuk peradilan, dituntut jaksa dan divonis denda pengadilan. Di beberapa negara itu tidak dikriminalisasi.

“Polri punya dua opsi, melakukan terobosan atau mengubah undang-undang. Menurutnya, yang penting masyarakat tidak bersentuhan dengan petugas, masuk ke pos dan dimainkan macam-macam” jelas Kapolri.

“Terobosan ini akhirnya dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membuat pencatatan dan penindakan melalui aplikasi karena selama ini pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat masih sarat dengan permainan oknum”, lanjut Kapolri.

Selain meminimalisir pungutan liar, Kapolri juga berharap masyarakat akan terbantu dengan layanan online ini. Pengurusan surat-surat berkendara dan pengurusan tilang yang selama ini memakan banyak waktu dan ongkos, kini akan jauh dipangkas.

Waka Polda NTT dalam sambutannya setelah mengikuti Video Conference mengatakan agar kita Jajaran Polda NTT untuk segera berbenah diri dan dapat melayani masyarakat lewat pelayanan online ini, sehingga kepercayaan masyarakat kepada Polri semakin tinggi.

Dari pihak Pemrintah Provinsi NTT, Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Tinggi juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas dilaunchingnya E-Tilang, SIM Online dan E-Samsat dan berharap pelayanan kepada masyarakat semakin baik sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.