Polda NTT Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-74

#HariBhayangkara74

Polda NTT Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-74
Polda NTT Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-74

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) melaksanakan Syukuran Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 dengan thema “ Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Kondusif” yang digelar di Lapangan Apel Mapolda NTT, Rabu (1/7/2020).

Acara syukuran yang dibuka oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin ini  di hadiri oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Ketua DPRD NTT Emi Nomleni, Wakapolda NTT Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum, Forkopimda NTT, Pejabat Utama Polda NTT dan uandangan lainnya.

Acara syukuran ini ditandai dengan Pemotongan tumpeng oleh Kapolda NTT dan Wakapolda NTT dan diserahkan kepada dua Personel Polri yang tertua dan termuda.

Selain itu diisi dengan berbagai acara diantaranya, penyerahan penghargaan kepada Sembilan Personel dan dua Satker Polda NTT yang berprestasi, pemberian bingkisan kepada para purnawirawan Polri serta ditutup dengan acara pengundian dorprise.

Mengawali sambutannya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74 kepada seluruh keluarga besar Polda Nusa Tenggara Timur, semoga seluruh karya pengabdian menjadikan Polri semakin dicintai masyarakat.

Sebagaimana tema Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 yakni "kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif". Tema ini mengandung makna bahwa tugas pokok polri sebagaimana yang diamantkan dalam undang-undang nomor 2 tahun 2002 di mana Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakan hukum.

"Hal ini sejalan dengan visi dan misi polri untuk mewujudkan polri yang profesional, modern dan terpercaya. Oleh karena itu, Polri menjadi salah satu pilar perekat keutuhan nkri bersama tni, pemerintah serta seluruh stakeholder", terang Irjen Pol Drs. Hamidin.

Dikatakannya, dengan bertambahnya usia Polri, kedepan Polri semakin profesional dan dicintai masyarakat, tentunya masyarakat sangat berharap meningkatnya profesionalitas personel dan kualitas pelayanan publik.

"Polri sebagai interpretasi pemerintahan dalam pelayan publik senantiasa dituntut agar mampu konsisten dalam melaksanakan tugas pokok secara proporsional dan professional", jelasnya.

Sebelum mengahiri sambutannya Kapolda NTT mengucapkan terima kasih kepada para sesepuh Polri yang senantiasa memberikan masukan dan kontribusi positif untuk perbaikan Polri. Ucapan terima kasih kepada segenap masyarakat yang telah mendukung dan mengambil bagian dalam upaya mewujudkan Polri yang lebih baik.

"Polri bukanlah milik Polri semata namun polri adalah milik kita semua baik pemerintah maupun masyarakat",ucapnya.

"Selain itu kami juga memohon doa, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusifitas di wilayah nusa tenggara timur. karena doa dan dukungan dari semua pihak sangat kami butuhkan dalam mewujudkan harapan pemerintah dan masyarakat", tutupnya.

Sementara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan ucapan Hari Bhayangkara ke-74 serta memberikan apresiasi kepada Polri lebih khusus kepada Polda NTT atas pelaksanaan tugasnya di wilayah NTT.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Nusa Tenggara Timur, saya menyampaikan terima kasih  dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolda dan seluruh jajarannya atas pelaksanaan tugas-tugasnya di wilayah Nusa Tenggara Timur”, ucap Viktor Bungtilu Laiskodat

“Kita menyadari betul bahwa tentunya Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polda NTT banyak memberikan kontribusi yang luar biasa. Kita mendengar tadi instruksi Presiden lebih khusus kepada Polri bukan saja serius pada kamtibmas tetapi bagaimanan peningkatan ekonomi. Dan itu juga saya liat telah dilakukan oleh jajaran Polda NTT dan  sebagai Gubernur NTT  saya memberikan rasa respek dan hormat yang luar biasa kepada Polda NTT”, ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur NTT juga menyampaikan terimakasih kepada Polda NTT dan jajaran atas partisipasinya mendorong perkembangan pembangunan di NTT lebih khusus pembangunan pariwisata.

"Dengan sinergi antara Pemprov dan Forkopimda, cara berpikirnya kalau sama maka Nusa Tenggara Timur akan mengalami lompatan-lompatan ekonomi yang hebat", jelasnya.

Demi kemajuan  di NTT kedepan,  Gubernur meminta dukungan dari semua pihak terutama Polda NTT dan jajaran untuk bersama -sama memajukan pariwisata di wilayah NTT.

Secara khusus pada kesempatan itu, Ia juga meminta kepada Kapolda NTT untuk menempatkan personel khusus pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, Sumba dan di Kupang.