Polda NTT Kawal Ketat Penambahan 4 Koli Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac di Kupang

Polda NTT Kawal Ketat Penambahan 4 Koli Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac di Kupang

Tribratanewsntt.com - Personil Polda NTT Melakukan pengawalan ketat kedatangan penambahan vaksin Covid-19 jenis Sinovac, Selasa (18/5/2021) pagi.

Sebanyak 4.364 vial (4 koli) tiba di Kupang, selanjutnya Personil Polda NTT yang terdiri Den Gegana Brimobda NTT, Lantas Polda NTT, Humas Polda NTT dan Intelkam Polda NTT melakukan pengawalan VVIP dari Bandara El Tari Kupang ke Gudang Farmasi PT. APL Kupang dan PT. Kimia Farma Kupang.

Pengawalan Vaksin sesuai dengan SOP itu dipimpin oleh Kanit PJR Polda NTT Iptu Y. A. Nalle dan Kanit KBR Satbrimobda NTT Ipda Quin serta dturut dihadiri oleh Perwakilan Dinkes Dukcapil Provinsi NTT Eduard Muni, Pihak Kimia Farma Kupang I Wayan Sujana dan Pihak APL Albertus Hage.

Hal ini dibenarkan Kabidhumas Polda NTT  Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H.

"Penjemputan vaksin covid 19 jenis Sinovac ini merupakan lanjutan pelayanan vaksinasi di wilayah hukum NTT. Sebanyak 4.364 vial (4 koli) vaksin Sinovac yang diperuntukan bagi Tenaga Kesehatan (Nakes), Pelayanan Publik dan Lansia", ungkap Kabidhumas Polda NTT.

Kabidhumas menambahkan bahwa Polri sendiri sudah diperintahkan langsung Presiden RI Joko Widodo untuk mengawal ketat proses pendistribusian tersebut, tidak hanya saat tiba dibandara dan disimpan digudang penyimpanan. Namun saat tiba di puskesmas-puskesmas dan saat pemberian vaksin juga akan dikawal ketat oleh personel Polda NTT.

"Semoga dengan adanya penambahan vaksin ini dapat menekan tingkat penyebaran virus covid 19 di wilayah NTT”, tandasnya.

Untuk diketahui bersama, Vaksin Covid 19 jenis sinovac ini tiba dibandara El Tari Kupang tepat Pukul 06.25 Wita menggunakan Pesawat Batik Air No. Flight ID 6540. Pukul 07.25 Wita Oleh Personel KBR Brimob melakukan sterilisasi mobil box yang akan memuat vaksin Mobil Truk Box PT. Bio Farma, No.Pol : D 8095 FQ. Pers KBR Brimob Polda NTT juga melakukan proses penyemprotan disinfektan terhadap kemasan vaksin sebanyak 4.364 vial (4 koli), yang dilanjutkan dengan proses pengangkutan kemasan Vaksin ke dalam Mobil Boks yang telah tersedia.

Tim pengawalan Vaksin Covid-19 menuju Gudang Farmasi PT. APL yang berada di Jalan Sam Ratulangi V Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang dan diterima oleh Koordinator vaksin Edward Muni, dilanjutkan dgn penandatanganan berita acara serah terima.

Pukul 07.54 Wita, Iringan Pengawalan tiba di Gudang Farmasi PT. APL Kupang yang diterima oleh Kepala Gudang PT. APL Kupang an. Albertus Rabha dan Apoteker PT. APL Kupang an. Anderias Tonak kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada PT. APL Kupang dan proses penurunan Vaksin Covid-19 dari atas Mobil Boks yang akan disimpan di dalam Chiller Cool Box dengan suhu 2 - 8 derajat Celcius.

Kemudian pada Pukul 08.00 Wita Tim melanjutkan pengawalan Vaksin Covid-19 menuju Gudang Farmasi PT. Kimia Farma Kupang yang berada di Jalan Herewila Kelurahan Naikoten II, Kecamatan Kota Raja Kota Kupang. Pukul 08.12 Wita, Iringan Pengawalan tiba di Gudang Farmasi PT. Kimia Farma Kupang yang di terima oleh Kepala Gudang PT. Kimia Farma Kupang Frederikus Kako dan Apoteker PT. Kimia Farma Kupang Kornelis R. R. R. Naja kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara serah terima dari pihak ketiga PT. Biofarma kepada PT. Kimia Farma Kupang dan proses penurunan Vaksin Covid-19 dari atas Mobil Boks yang akan disimpan di dalam Chiller Coll Box dengan suhu 2 - 8 derajat Celcius.