Polda NTT Kirim 102 Personel Ditsamapta BKO ke Flores Timur untuk Penanganan Dampak Erupsi Gunung Lewotobi

Polda NTT Kirim 102 Personel Ditsamapta BKO ke Flores Timur untuk Penanganan Dampak Erupsi Gunung Lewotobi

Tribratanewsntt.com, Kota Kupang - Kamis (4/1/2024), Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menunjukkan respons cepat dengan mengirimkan 102 personel dari Ditsamapta untuk melaksanakan tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) di Flores Timur (Flotim). Langkah ini diambil menyusul dampak erupsi Gunung Lewotobi yang memengaruhi warga di wilayah tersebut.

Personel Ditsamapta yang diberangkatkan diharapkan dapat memberikan bantuan signifikan dalam menangani situasi darurat yang muncul akibat erupsi gunung tersebut. Kabidhumas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K, menjelaskan bahwa apel pelepasan akan dilaksanakan hari ini di Pelabuhan ASDP Bolok, Kabupaten Kupang.

"Mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan yang mencakup pemulihan, pengamanan, dan penanganan darurat untuk membantu masyarakat yang terdampak," ujar Kombes Pol. Ariasandy, S.I.K.

Selain personel, sejumlah peralatan juga dibawa untuk mendukung kegiatan di lapangan. Peralatan tersebut dianggap esensial dalam memastikan penanganan bencana dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

"Langkah proaktif Polda NTT ini mencerminkan komitmen dalam memberikan dukungan maksimal kepada daerah yang terkena dampak bencana alam. Semoga kehadiran personel dan peralatan ini memberikan bantuan yang signifikan dalam proses pemulihan dan membantu masyarakat Flotim untuk bangkit dari keterpurukan," pungkasnya.