Polres Manggarai Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

Polres Manggarai Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Resor Manggarai (Polres Manggarai) menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilu 2019 di Lapangan Motang Rua Ruteng, Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (16/3/2019) pagi.

"Kegiatan Simulasi Sispamkota ini melibatkan TNI-POLRI dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan Pemilu 2019, di wilayah hukum Polres Manggarai", ujar Kabidhumas Polda NTT saat dikonfirmasi, Sabtu (16/3) sore.

Simulasi yang dipimpin langsung oleh Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Steinly Lapian, S.I.K, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur, Kepala Kejaksaan Negeri Ruteng, Kasdim 1612 Manggarai, Dinas Perhubungan Kab. Manggarai, Bawaslu Kabupaten Manggarai dan Komisioner KPUD Kabupaten Manggarai.

Kabidhumas Polda NTT menjelaskan dengan dilakukan simulasi tersebut, maka Polres Manggarai dan instansi terkait lainnya, dapat mengerti dan bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait pengamanan pada setiap tahapan-tahapan Pemilu 2019.

"Ada sekitar 4 tahapan yang dilakukan pada simulasi tersebut diantaranya, tahapan masa tenang, tahapan pemungutan suara, tahapan perhitungan suara di KPUD dan penanggulangan secara bertahap terhadap aksi unras sampai pada aksi anarkis", terangnya.

Dalam kegiatan simulasi tersebut diawali dengan Tactical Floor Game yang dipimpin langsung oleh Kapolres Manggarai dan diikuti oleh Para Kasat, Pasi Ops Kodim 1612 Manggarai, Danton 1 Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai", tambahnya.

Lanjutnya, Dalam simulasi tersebut semua tahapan sudah diperagakan langsung oleh anggota dan telah diantisipasi segala kemungkinannya, sampai ke hal-hal yang sangat teknis sekalipun dilakukan simulasi.

"Dalam simulai tersebut juga dilengkapi dengan sarana prasarana (sarpras) pendukung milik Polres Manggarai maupun Brimob Kompi 2 Yon B Pelopor Manggarai diantaranya, satu Unit Mobil Water Canon, ranmor roda 2, ranmor roda 4 maupun roda 6, perlengkapan Dalmas serta senjata", pungkasnya. ( Rf )