Polri: Anggota dan Masyarat Perlu Bekerja Sama Terapkan Cooling System Pemilu 2024

Polri: Anggota dan Masyarat Perlu Bekerja Sama Terapkan Cooling System Pemilu 2024

Wakabareskrim Polri selaku Kaops Nusantara Cooling System Irjen Pol. Asep Edi Suheri, S.I.K., M.Si, kembali mengingatkan pentingnya kerja sama antara Polri dan masyarakat untuk menciptakan Pemilu 2024 yang damai.

Salah satu caranya melalui penerapan cooling system. Adapun cooling system memiliki maksud untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

"Dalam arahan Bapak Presiden dan Bapak Kapolri pentingnya organisasi untuk menjaga pemilu serentak, masyarakat tidak boleh terpecah. Untuk itu, Polri dan masyarakat perlu bekerja sama dalam cooling system pemilu damai dapat terwujud," ujar Irjen Pol. Asep Edi, Senin (2/10/2023).

Untuk itu, kata Irjen Pol. Asep Edi, Polri akan melaksanakan Operasi Nusantara Cooling System yang dimulai sejak 11 September 2023 lalu. Operasi ini bertujuan untuk meminimalisir isu negatif dengan mengutamakan tindakan preemtif dan prefentiv. 

Dalam pelaksanannya, operasi ini melibatkan 4 satgas dan 8 subsatgas. "Cara bertindaknya dengan mendeteksi pembinaan masyarakat, patroli dialogis, dan patroli siber. Mohon dukungan dan mengajak masyarakat agar dapat menjauhi hal-hal yang dapat merusak pemilu damai 2023-2024," jelas Irjen Pol. Asep Edi.