Prokes Ketat, 170 orang Jalani Pelatihan Satpam di Kabupaten Lembata

Prokes Ketat, 170 orang Jalani Pelatihan Satpam di Kabupaten Lembata

Tribratanewsntt.com,- Ditbinmas Polda NTT kembali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Satuan Pengamanan Gada Pratama 2022 di Kabupaten Lembata.

Hari ini, Senin (14/2/22), Kapolres Lembata, AKBP Dwi Handono Prasanto, S.I.K, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Satpam Gada Pratama 2022 tingkat Polres Lembata yang bertempat di Aula Ankara.

Dalam sambutannya, Kapolres Lembata AKBP Dwi Handono mengatakan bahwa perkembangan situasi Kamtibmas di Kabupaten Lembata akhir-akhir ini dirasa masih sangat memprihatinkan. Menurutnya masih terdapat gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berupa kejahatan baik di lingkungan masyarakat maupun di tempat kerja.

Melalui pelatihan Satpam ini, AKBP Dwi Handono berharap peserta dapat menambah pengetahuan, kemampuan dan profesionalitas dalam bekerja dan menjadi bekal bagi peserta yang akan menjadi Satpam.

“Maka hal ini perlu kita sikapi dengan salah satunya peningkatan kemampuan para Satpam yang ada maupun calon Satpam yang mau bekerja” ujarnya.

Untuk menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Polri berupaya maksimal, sistematis dan terukur, dibutuhkan keberadaan pamswakarsa yang sah menurut perundang-undangan.

Sehingga dapat berkiprah dan berperan aktif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif khususnya dilingkungan kerja masing-masing.

Kegiatan Diklat Satpam Gada Pratama 2022, Kapolres Lembata menekankan dan mendorong agar para peserta mampu mengembangkan kemampuan masing-masing individu serta dalam bertugas menjaga etika profesi satpam.

“Tanamkan Etika Profesi bagi setiap anggota Satpam dalam bertugas. Serta tunjukkan juga dalam menjalankan tugas bisa melindungi, mengayomi, melayani masyarakat khusus di tempatnya kerja masing-masing,” tegasnya.

Di samping terkait gangguan kamtibmas, ia menegaskan saat ini masyarakat Kabupaten Lembata juga sedang menghadapi pandemi Covid-19. Apalagi juga sudah ditemukan kasus varian baru jenis Omicron di Indonesia, Kapolres mengingatkan dalam pelaksanaan diklat harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Untuk diketahui Pelatihan Satpam kali ini diikuti oleh 170 orang peserta lima orang diantaranya adalah peserta wanita. Kegiatan akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan dan akan ditutup pada tanggal 24 Februari 2022.

Sementara untuk tenaga pendidik (gadik) dari Ditbinmas Polda NTT berjumlah tiga orang personel yang dipimpin oleh Kompol Melky Bagailan. Selanjutnya ditambah dengan para kasat jajaran Polres Lembata yang akan memberikan pelajaran tentang ilmu-ilmu Kepolisian.