Pulihkan Mental, Anggota Polda NTT Beri Siraman Rohani Kepada Para Tahanan

Pulihkan Mental, Anggota Polda NTT Beri Siraman Rohani Kepada Para Tahanan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka memulihkan mental para tahanan selama menjalani proses hukuman, Anggota Polda NTT yang bertugas di Polres Polres Timor Tengah Selatan (TTS) memberikan siraman rohani di ruang tahanan Polres TTS, Rabu (19/5/2021).

Pembinaan rohani ini dipimpin oleh Personil Polres TTS Aipda Jemi Wiratraur dan didampingi oleh ASN Polres TTS Ibu Reni Naat.

Kabidhumas Polda NTT  Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan pemberian bimbingan rohani itu sebagai bentuk pemberian hak – hak tahanan selama meringkuk di balik jeruji besi sel tahanan Polres.

"Tahanan adalah manusia yang mempunyai hak dan kewajiban. Kami selaku aparat penegak hukum berkomitmen untuk selalu berusaha memberikan hak – hak mereka sebagai tahanan. Seperti kesehatan, kebutuhan makan minum yang layak. Termaksud kerohanian agar memulihkan mental para tahanan”, jelas Kabidhumas Polda NTT.

Lanjut dikatakannya, mendapatkan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) dengan tujuan mengajak para tahanan untuk tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum. Berusaha melakukan perbuatan baik dan lebih taat dalam beribadah.

“Binrohtal merupakan hak tahanan yang diberikan oleh anggota Polri guna mengajak para tahanan untuk bisa berbuat baik kepada sesama, bebas melakukan ibadah dimanapun berada walaupun berada di sel", tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Binrohtal merupakan kegiatan Rutin yang dilaksanakan di Rumah Tahanan Polres, agar para tahanan mendapat ketenangan hati dan tidak lupa kepada pencipta, serta memberi motivasi dan merubah diri untuk menyesali tentang apa yang telah diperbuatnya.