Ratusan Personel Polda NTT Siap Amankan Perayaan Paskah 2022

Ratusan Personel Polda NTT Siap Amankan Perayaan Paskah 2022
Polda NTT siapkan Ratusan Personel Amankan Perayaan Paskah 2022

Tribratanewsntt.com - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) menyelenggarakan Operasi Semana Santa Turangga 2022. Ops ini diselenggarakan dari tingkat Polda hingga jajaran Polres.

Sebanyak 924 orang personel yang dilibatkan dalam kegiatan ini mulai dari Polda hingga Polres (untuk Polda sebanyak 170 orang dan Polres sebanyak 754 orang).

Untuk di Polda NTT akan melaksanakan tugas (BKO) Polres Kupang Kota dalam mengamankan Perayaan Paskah 2022.

Pelaksanaan Operasi Semana Santa Turangga 2022 dalam rangka pengamanan Perayaan Paskah 2022 ini selama 12 hari terhitung dari tanggal 8 hingga 19 April 2022 di seluruh wilayah provinsi NTT dalam bentuk operasi pengamanan kegiatan dan bantuan perkuatan pada suatu wilayah dengan mengedepankan kegiatan preemtif, Preventif, Penegakan hukum dan deteksi dini.

Kegiatan pengamanan Perayaan Paskah 2022 ini diawali dengan apel kesiapan pasukan yang dipimpin oleh Kasetopsda Kompol Karel Leoukuna, S.Kom., M.M., dan dihadiri oleh para Kasatgas di Lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT, Jumat (8/4/2022) pagi.

Sementara personel yang dilibatkan untuk membantu pengamanan Perayaan Paskah mulai dari Reserse, Samapta, Logistik, Propam, Binmas, Lalu Lintas, Humas, Obvit, Polair, Dokkes dan Brimob.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Karel Leoukuna, S.Kom., M.M., mengatakan bahwa apel tersebut dalam rangka pengamanan kegiatan hari raya keagamaan yaitu hari raya paskah, dengan kegiatan tersebut Polda NTT menggelar operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi Operasi Semana Santa Turangga 2022, dengan harapan prosesi perayaan hari raya paskah bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Kegiatan ini dalam rangka pengamanan paskah Tahun 2022, guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar lantas yang kondusif sehingga masyarakat dapat merayakan Hari raya paskah dengan rasa aman, nyaman dan sehat di tengah pademik covid-19. Dengan target sasaran operasi yaitu lokasi/tempat, orang, Barang/benda dan Kegiatan",ucap Kasetopsda Kompol Karel Leoukuna, S.Kom., M.M., mewakili Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Ulami Sudjaja.

Selain itu ia juga menyampaikan kepada personel agar betul-betul melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Kita (Kepolisian) sebagai pelindung, pengayoman dan pelayanan masyarakat harus mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya dan dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab agar umat dapat melaksanakan Ibadah Paskah dengan penuh rasa aman", ujarnya.

"Tingkatkan kewaspadaan terhadap kelompok-kelompok yang dapat atau ingin menganggu umat yang melaksanakan ibadah paskah tersebut dan jangan sampai ada gangguan sekecil apapun, sehingga umat yang melaksanakan ibadah merasa aman dan nyaman ", tegasnya.

"Diharapkan selama pelaksanaan Operasi Semana Santa dilaksanakan semaksimal mungkin agar pelaksanaan Ibadah Paskah dapat berjalan aman dan nyaman", tandasnya.