Ratusan Personel Polda NTT Siap Melaksanakan Tugas Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Ratusan Personel Polda NTT Siap Melaksanakan Tugas Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024

Tribratanewsntt.com - Ratusan personel Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) telah bersiap-siap untuk menjalankan tugas operasi mantap "Brata Turangga 2023-2024" dalam rangka pengamanan tahap pendaftaran dan penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di wilayah hukum Polda NTT.

Kegiatan ini melibatkan 249 personel yang terbagi dalam berbagai satuan tugas, yang meliputi satgas preemtif, satgas preventif, satgas objek kegiatan, satgas objek penting pemilu, satgas sterilisasi, satgas Kamseltibcar, satgas patroli, satgas tindak, satgas sar, satgas Jibom, satgas gakum, satgas anti drone, satgas siber, satgas pidum, satgas humas, satgas binops, satgas Polair, satgas TIK, satgas Dokkes, dan satgas Propam.

Kegiatan ini dimulai dengan Apel pengarahan yang dipimpin langsung oleh Dirpamobvit Polda NTT yang juga menjabat sebagai Kasatgasopsda, Kombes Pol. Indra Rathana, S.I.K., di Lapangan Ricky Sithoang Mapolda NTT, Kamis (19/10/2023) pagi.

Kasatgasopsda, Kombes Pol. Indra Rathana, S.I.K., menyampaikan pentingnya tugas operasi ini dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses demokrasi di wilayah NTT.

Apel ini juga dihadiri oleh para masing-masing Kasatgas, para Kasubsatgas, serta para anggota dan kendaraan operasional yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi.

Apel ini merupakan bentuk pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan operasi yang telah digelar dan memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan pasca Operasi Brata Turangga 2023-2024 yang dilaksanakan selama 40 hari, dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023 hingga 27 November 2023, di seluruh Nusa Tenggara Timur.

Dalam pelaksanaan tugas agar bertindak humanis dan tegas serta berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian serta menerapkan Protokol Kesehatan dan melaporkan setiap perkembangan situasi dan hasil pelaksanaan tugas kepada Kapolda NTT.

Operasi mantap "Brata Turangga 2023-2024" ini menjadi bukti komitmen Polda NTT dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses politik penting di Indonesia.

Dengan keterlibatan ratusan personel yang siap bertugas, diharapkan proses pendaftaran dan penetapan calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di wilayah NTT berjalan lancar dan aman.