Sambut HUT ke-76 RI, Kapolda NTT Beri Bingkisan Kemerdekaan Kepada Joni Sang Pahlawan Merah Putih

Sambut HUT ke-76 RI, Kapolda NTT Beri Bingkisan Kemerdekaan Kepada Joni  Sang Pahlawan Merah Putih

Tribratanewsntt.com - Sambut HUT ke-76 Republik Indonesia (RI), Yohanes Ande Kala yang akrap disapa Joni, sang Pahlawan  penyelamat Benderah Merah Putih mendapatkan Bingkisan Kemerdekaan dari Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Joni tiba-tiba terkenal lantaran nekad memanjat tiang bendera untuk kelancaran naiknya sang bendera Merah Putih.

Dia menjadi pahlawan cilik dalam pengibaran bendera merah putih di Kecamatan Silawan, Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (17/8/2018) silam.

Siapa yang dapat menyangka, anak bungsu dari sembilan bersaudara dari pasangan Alm. Beterino Fahik Marshal dan Lorensa Kama yang waktu itu duduk di bangku kelas VII SMPN 1 Silawan, bisa melakukan tindakan tidak terduga seperti itu. Aksinya pun mendapat apresiasi dari publik.

Di momentum HUT RI ke-76 tahun 2021 ini, Joni pun dapat kejutan dari Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum berupa pemberian bingkisan Kemerdekaan.

Pemberian bingkisan Kemerdekaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Kapolda NTT kepada Joni atas usahanya memanjat tiang bendera demi memperbaiki pengait yang bermasalah, Bendera Merah Putih pun dapat berkibar gagah di perbatasan Indonesia-Timor Leste waktu itu.

Pemberian bingkisan Kemerdekaan dari Kapolda NTT ini diserahkan oleh Kapolres Belu AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si saat mengunjungi kediamannya di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, jumat pagi (13/8/2021).

Kapolres Belu menyampaikan bahwa, kunjungan ini  sebagai wujud kepedulian dan apresiasi kepada Joni atas aksinya memanjat tiang bendera yang talinya sempat putus, sehingga bendera merah putih bisa dikibarkan.

"Berkat aksi heroiknya tersebut sehingga dalam rangka HUT ke-76 RI ini, bapak Kapolda NTT melalui Kami, memberikan bingksian sebagai bentuk apresiasi Beliau untuk adik kita joni", terang AKBP Khairul Saleh, S.H.,S.I.K.,M.Si.

Kedatangan Kapolres Belu dan jajaran ini pun untuk memastikan yang bersangkutan tetap semangat dalam menuntut ilmu untuk meraih cita-citanya yakni ingin menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Kita juga menyampaikan pesan dari Bapak Kapolda kepada adik Joni untuk tetap jaga kesehatan dan semangat dalam menuntut ilmu demi meraih cita-cita", kata Kapolres Belu.

Sementara itu, sang Pahlawan Merah Putih yang saat ini duduk di bangku kelas 10 di SMAN 1 Atambua, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda NTT, atas kado/bingkisan yang diberikan kepadanya.

"Terima kasih kepada pak Kapolda NTT atas bingkisan Kemerdekaannya. Terima kasih juga buat pak Kapolres, atas kunjungan ini" ujar Joni.

"Joni janji akan terus semangat, bantu mama di rumah. Rajin belajar supaya tamat nanti bisa ikut tes dan menjadi Tentara seperti cita-cita saya dan harapan dari Almarhum ayah", pungkasnya.