Tatap Muka Bersama Personil Polres Mabar, Kapolda NTT Tegaskan Faktor Keamanan, Faktor Kenyamanan dan Faktor Kesehatan Menjadi Perioritas

Tatap Muka Bersama Personil Polres Mabar, Kapolda NTT Tegaskan Faktor Keamanan, Faktor Kenyamanan dan Faktor Kesehatan Menjadi Perioritas

Tribratanewsntt.com - Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didampingi Irwasda NTT Kombes Pol Zulkifli, S. S. T., M.K., S.H., M.M., dan  Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hariwibowo, S.I.K, M.SI., melakukan tatap muka bersama Personil Polres Manggarai Barat bertempat di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Jumat (13/8/2021).

Hadir dalam kegiatan ini para pejabat utama Polda NTT terdiri dari Dirkrimsus Polda NTT, Dansatbrimobda NTT, Ditpolairud Polda NTT dan Dirintelkam Polda NTT serta para perwira Polres Manggarai Barat dengan tetap mengikuti Protokol kesehatan.

Kegiatan diawali dengan paparan singkat oleh Kapolres Manggarai Barat yang menyampaikan persiapan penanganan Covid - 19 dan dalam mengahadapi Kegiatan International Associaton Of Woman Police.

Polres Manggarai Barat yang memiliki wilayah dengan Tempat Wisata New 7 Wonder yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai Daerah Super Prioritas Premium, terkait kesiapan Polres Mabar dalam menghadapi kegiatan IAWP yang akan dilaksanakan Pada bulan November 2021 mendatang, Polres Mabar sudah mempersiapkan segala Aspek Perencanaan maupun sarana dan prasana menjelang kegiatan berlangsung.

Terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat sudah di lakukan beberapa langkah seperti telah disiapkannya tempat Isolasi Terpusat di RSUD Komodo dan beberapa tempat Isolasi di Wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Selanjutnya, dalam arahan Kapolda NTT menyampaikan bahwa Labuan Bajo merupakan tempat destinasi wisata premium dan Polres Manggarai Barat merupakan etalase dari Polda NTT setelah Polres Kupang Kota. Untuk itu Kapolda menegaskan untuk selalu memperhatikan hal-hal yang menjadi perioritas dalam menunjang pariwisata.

"Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menunjang pariwisata adalah Faktor keamanan, Faktor kenyamanan dan Faktor kesehatan. Hal-hal ini merupakan tugas dan tanggung jawab dari kita sebagai anggota Polri", ungkap Kapolda NTT.

Orang nomor satu di Polda NTT juga mengatakan untuk selalu bersyukur walaupun adanya pandemi Covid 19. "Kita harus tetap semangat dan bersyukur serta lakukan yang terbaik dalam bekerja sebagai seorang aparat negara", harapnya.

Dikatakannya, bahwa salah satu agenda utama dalam kunjungan ini adalah menyiapkan persiapan kunjungan tamu VVIP. Bagaimana meningkatkan fungsi-fungsi anggota Polres Mabar, karena jika terjadi sesuatu akan langsung menjadi perhatian Pusat/Mabes

Kapolda juga menyampaikan 4 hal penting dalam menangani Covid 19 berdasarkan arahan Presiden yang dituang dalam Inmendagri dalam level-level yang sudah ditentukan.

Yang pertama pembatasan mobilitas masyarakat, karena mobilitas dapat dilihat dari satelit. Selanjutnya Melakukan pengecekan door to door ke tempat usaha, dengan bekerja sama dengan Satpol-PP dan instansi terkait maupun satgas. Dalam hal menegakan hukum yustusi harus tegas tapi humanis. Patuhi Prokes yang ada 5 M dan 3 T.

Yang kedua optimalkan giat tracing di lapangan atau digital. Awali dengan perencanaan dengan baik. Latih anggota, lakukan Koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek dalam melaksanakan tugas dengan baik.

Yang ketiga segera bentuk Isoter (Isolasi terpusat). Masukan, buat papan besar berisikan foto dan laporan pelaksanaan kegiatannya. Jadi orang mengetahui bahwa didalam merupakan ruang steril untuk isolasi pasien covid 19.

"Dan yang terakhir Percepatan Vaksinasi. Kerja sama dengan instansi lainnya untuk membentuk Vaksinasi Terpadu dan Mobil Senyum. Terutama jika ada kunjungan dari Kapolri atau Panglima.", terangnya.

Dalam kesiapan pelaksanaan IAWP, Kapolda perintahkan untuk selalu lakukan cipta kondisi yaitu membawa pesan seperti kegiatan ini untuk Kemajuan Labuan Bajo dan meningkatkan citra Labuan Bajo. Untuk Itu tetap lakukan penggalangan ke masyarakat

"Lakukan mapping kerawanan di venue Labuan bajo, Rangkul Toga Tomas. Libatkan stakeholder, tunjukan hasil kerja sama tersebut dengan pembangunan monument pertemuan HUT Polwan sedunia. Akan menjadi spot dan tempat pariwisata. Untuk menjadi tinggalan / legacy", jelasnya.

Kapolda juga berharap untuk siapkan hal-hal yang unik dan menarik untuk menarik perhatian para pengunjung. Ia juga meminta untuk siapkan personil dan alsus guna mendukung kegiatan tersebut.

"Polda NTT menjadi leading sector pendukung Divhubinter. Buat renbut anggaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Antisipasi setiap celah dan resiko akan terjadinya sebuah masalah", tegasnya.

Diakhir pertemuan, Kapolda mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang telah dibuat oleh anggota untuk Labuan Bajo.

"Jaga nama baik Institusi Polri. Kita harus lebih proaktif dan kompak dalam menjaga Program Pemerintah Pusat", tandasnya.