Sebanyak 976 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Akan Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Tahap II

Sebanyak 976 Casis Bintara dan Tamtama Polri T.A 2021 Akan Mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Tahap II

Tribratanewsntt.com - Sebanyak 967 calon Siswa Bintara dan Tamtama Polri Tahun Anggaran 2021 akan mengikuti Pemeriksaan Kesehatan Tahap II.

Jumlah ini terdiri dari 30 orang calon Polwan, 727 orang calon Bintara Pria tugas umum. 58 orang calon Bintara Kompetensi Khusus terdiri dari 57 orang Pria dan 1 orang wanita. Dan 18 orang calon Tamtama Polair dan 143 calon Tamtama Brimob.

Rikkes Tahap II ini akan dilaksanakan selama 7 hari terhitung dari hari ini, Kamis (10/6/2021) hingga Rabu (16/6/2021).

Diketahui bahwa pada hari Rabu (8/6/2021) telah digelar sidang terbuka penentuan kelulusan mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap II penerimaan terpadu calon anggota Bintara dan Tamtama T.A. 2021 Panda Polda NTT di Auala Rupatama Lantai III Mapolda NTT.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., didamping Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. A. Kliment Dwikorjanto, M.Si., Irwasda Polda NTT Kombes Pol. Drs. Tavip Yulianto, S.H., M.H., M.Si., dan Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Sudarto, S.I.K.

Serta dihadiri oleh perwakilan orang Tua, perwakilan peserta, pengawas Internal dan External, para Ketua Tim dan Panitia.

Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT memberi apresiasi dan bangga dengan seluruh peserta seleksi.

Bagi yang belum lolos ke tahapan ini, Kapolda NTT berpesan agar melakukan analisa dan evaluasi diri terkait kekurangan karena tahapan seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan.

"Tidak ada yang ditutupi dan proses sudah berubah serta berbeda dengan tes sebelumnya," ujar Kapolda NTT.

Kepada yang lolos, Kapolda berpesan bahwa tahapan saat ini bukan akhir dari segalanya namun dibutuhkan kesiapan dan kesungguhan. "Jaga kesehatan dan keselamatan jangan sampai terkena covid 19," harap Kapolda NTT.

Kapolda juga mengingatkan agar peserta tidak terpengaruh dengan isu diluar yang menjamin kelulusan peserta. "Yang menjamin kelulusan adalah kemampuan calon sendiri. Belajar lah dengan baik dan kembangkan kemampuan yang ada," tandas Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga siap mendukung pendanaan dari dana operasional Kapolda NTT demi anak-anak NTT dengan tetap berkoordinasi dengan Mabes Polri serta berharap NTT mendapatkan quota anggota Polri yang lebih banyak lagi.

Kapolda NTT pun memanfaatkan dana operasional Kapolda NTT untuk membantu calon anggota Polri yang mengikuti seleksi terpadu penerimaan Akpol, bintara dan Tamtama Polri Tahun Anggaran 2021.

Untuk menuju tahap pemeriksaan kesehatan tahap II, hanya tersedia dana pemeriksaan kesehatan untuk dua kali quota yang diterima. Namun Kapolda NTT mengambil kebijakan memanfaatkan dana operasional sehingga terakomodir lebih banyak peserta atau sebanyak tiga kali quota peserta yang mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap II.

Kebijakan dan kewenangan itu dipakai untuk pemeriksaan 14 calon Taruna Akpol. Selain itu juga membantu pemeriksaan kesehatan II sebanyak 976 calon bintara tugas umum, Polwan, bintara kompetensi khusus dan Tamtama Polri tingkat Polda NTT.