Siap Amankan PSU di Sabu Raijua, Personil Gabungan Polda NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Siap Amankan PSU di Sabu Raijua, Personil Gabungan Polda NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan
Siap Amankan PSU di Sabu Raijua, Personil Gabungan Polda NTT Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Tribratanewsntt.com - Dalam rangka persiapan pengaman PSU Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sabu Raijua 2020, personil gabungan Polda NTT melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan apel Mapolres Sabu Raijua, Sabtu (3/7/2021) sore.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Sabu Raijua Doris Alexander Rihi, M.Si., dan dihadiri oleh Danramil 1604-08 Seba, Ketua KPU Sabu Raijua, Ketua DPRD Kabupaten Sabu Raijua, Kepala Kejaksaan Kabupaten Sabu Raijua, Kepala Syabandar Kabupaten Sabu Raijua, kepala dinas perhubungan Kabupaten Sabu Raijua, Suluruh Parpol Kabupaten Sabu Raijua, Ketua Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat.

Personel yang terlibat dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini yang terdiri atas Peleton Perwira Polres Sabu Raijua dan BKO Polda NTT, Dalmas Polres Sabu Raijua, Peleton Staf Gabungan Polres dan Polsek Polres Sabu Raijua, Peleton Gabungan Staf BKO Polda NTT, Peleton Samapta BKO Polda NTT, Peleton Polair Polda NTT, Peleton Brimob Polda NTT, Peleton TNI AD, Peleton Pramuka Saka Bayangkara, Peleton Satpol-PP dan Peleton Syabandar Sabu Raijua.

Dalam apel tersebut Pj. Bupati Sabu Raijua mengharapkan bahwa anggota yang akan melaksanakan tugas pengamanan dengan sebaik-baiknya. Agar kegiatan PSU ini dapat berjalan dengan baik selalu mengajak masyarakat pada saat melakukan pencoblosan diharapakan juga anggota dapat memberikan himbauan terkait protokol kesehatan.

Ia juga menyampaikan bahwa KPU sebagai pihak penyelenggara akan menyiapkan logistik berupa logistik kesehatan sehingga dapat menghambat penyebaran Covid-19.

"Diharapkan agar pihak pengamanan yaitu TNI-Polri dan juga instansi terkait agar tetap netral dalam kegiatan aktif politik dan tetap menerapakan protokol kesehatan", harap Pj. Bupati Sabu Raijua.

Selain itu, diharapakan kepada pihak Dinas perhubungan udara dan laut agar tetap melakukan pemeriksaan terhadap pendatang dari luar Kabupaten Sabu Raijua melalui jalur udara dan laut untuk meminta surat rapid swab Antigen.

Terpisah, Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H., Saat dikonfirmasi mengatakan sebanyak 172 orang personel Polda NTT yang diambil dari Satker Mapolda NTT diperintahkan Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., untuk melaksanakan tugas BKO (Bantuan Kendali Operasi) Polres Sabu Raijua. 

"Ada 172 personel Polda NTT yang akan melaksanakan pengamanan PSU Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sabu Raijua yang telah ditetapkan KPU NTT pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang. Diharapkan dengan adanya penambahan pasukan ini agar dapat mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pelaksanaan PSU di Sabu Raijua, sehingga berlangsung aman, jujur, adil, demokratis dan aman dari penyebaran Covid-19”, tandas Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Rishian Krisna B, S.H., S.I.K., M.H.