Terima Awards Polres Paling Inovatif, Polresta Kupang Kota Berupaya Optimalkan Perannya dalam Masyarakat

Terima Awards Polres Paling Inovatif, Polresta Kupang Kota Berupaya Optimalkan Perannya dalam Masyarakat

Tribratanewsntt.com,- Salah satu prestasi yang ditorehkan Polresta Kupang Kota yang menjadi penerima Awards dalam bidang Polres Paling Inovatif.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kapolresta Kupang Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto S.H., S.I.K., M.H, Senin (5/12/22).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pos kupang kepada 33 Instansi pemerintah dan swasta atas kinerja dan inovasi yang dilakukan dalam membangun sumber daya manusia NTT, demi terwujudnya Provinsi NTT yang lebih baik pada Pos Kupang Award 2022 dan perayaan Ulang Tahun Ke-30 Harian Umum Pos Kupang.

Salah satunya Polresta Kupang Kota sebagai salah satu penerima Awards dalam bidang Polres paling Inovatif.

Polresta Kupang Kota dinilai memiliki berbagai macam inovasi yang telah melakukan berbagai kegiatan dan terobosan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat contohnya Ngopi (Ngobrol Pinggiran) bareng Polresta Kupang Kota, Peneguran terhadap pelanggar Lalulintas, Mobile Education, Problem Solving oleh Bhabinkamtibmas, pelayanan Sim Keliling, Pelayanan Vaksinasi Sampai ke Kelurahan, Artis (Antar Gratis) SKCK, Penempatan Personel di Pos Polisi yang selama ini kosong, serta Resta Penolong sebagai slogan.

Saat ditemui diruangan kerjanya, Selasa (6/12), Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto S.H., S.I.K., M.H. mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan kinerja dan usaha dari anggotanya yang selama ini sudah mendukung pelaksanaan tugas di lapangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Polresta Kupang Kota yang sudah bekerja dan menunjukan kinerjanya dengan baik sehingga Polres Kupang Kota bisa memperoleh penghargaan dari Pos Kupang. Dengan status Polres yang paling inovatif di wilayah Polda NTT ini diharapkan menjadi motivasi bagi Polresta untuk bisa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan serta pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum yang lebih baik"ujar Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto S.H., S.I.K., M.H.

Dengan jumlah anggota Polresta Kupang sebanyak 666 orang personel ini, Kapolresta Kupang Kota berupaya untuk mengoptimalkan peran Polresta sehingga betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat dan kamtibmas bisa dipelihara dan penegakan hukum bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

“Setiap harinya kita telah menempatkan personel di seluruh pos yang ada di kota Kupang. Kami bentuk Unit Kecil Lengkap (UKL), disitu ada Samapta, Lantas, Reserse, Intel dengan tujuan apabila ada laporan dan pengaduan masyarakat bisa langsung ditindaklanjuti dengan cepat, tidak harus menunggu dari Polres. Kita juga membuat kegiatan dalam rangka edukasi dan sosialisasi kemasyarakatan ada program Kesambet (Ke Sekolah Aman Bersama Polisi, serta membuat kegiatan seperti Portal Peduli Keamanan Lalu Lintas Secara Total) dimana kita memberikan reward dalam bentuk kupon BBM kepada masyarakat yang betul-betul disiplin dalam berlalulintas"jelasnya.

Terkait dengan layanan SIM keliling, Kapolresta Kupang Kota juga membuat program perpanjangan SIM dari kecamatan ke kecematan.
“Perpanjangan SIM ini akan bergerak tiap hari di kecamatan-kecamatan sehingga disitu masyarakat tidak harus ke Polres lagi tapi bisa mengurusnya di wilayah mereka”ungkapnya.

Ada juga program terkait dengan edukasi terhadap anak sekolah dan mahasiswa. Polresta Kupang Kota menempatan personelnya pada jam ke sekolah dan pulang sekolah. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi anak-anak yang belum cukup umur dan belum memiliki SIM tetapi sudah mengendarai kendaraan.

"Semua titik di wilayah Kota Kupang, personel Polresta Kota Kupang akan selalu hadir pada waktu pagi dan sore hari. Hal ini dilakukan guna meminimalisir berbagai pelanggaran lalu lintas"tandasnya.