Polri Beri Standar Khusus Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT Asean ke-42

Polri Beri Standar Khusus Pengamanan Tamu Negara Peserta KTT Asean ke-42

Tribratanewsntt.com - Polri melalui Subsatgas Pengamanan Bandara Operasi Komodo 2023 terapkan standar khusus pengamanan tamu negara peserta KTT Asean ke-42.

Hal ini disampaikan oleh Kasubsatgas Pam Bandara AKBP Satrya Perdana Pamuntung Tarung Binti di Bandara Komodo Labuan Bajo, Rabu (10/5/2023).

"Untuk standard pengamanan, tidak bisa kita turunkan karena mereka merupakan tamu negara. Jadi, standardnya sudah ada sendiri baik kedatangan maupun kepulangan", jelasnya.

Dikatakannya, dalam pelaksanan pengamanan pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait khususnya pengamanan wilayah udara.

"Kami subsatgas pengamanan bandara bekerjasama 
dengan instansi terkait khususnya dalam pengamanan wilayah bandara", katanya.

"Apabila kita melaksanakan tugas dalam pengamanan VVIP, kita berada dibawah KOMGABWIL, tetapi jika kita melaksanakan pengamanan VIP, Polri memiliki kewenangan untuk melakukan pengamanan secara penuh", tambah Wadirpamobvit Polda NTT ini.

Menurutnya, untuk para kepala negara dan delegasi sudah disiapkan jalur khusus dari mulai turun hingga pintu keluar.

"Semantara untuk penerbangan domestik masih berjalan. Karena hanya beberapa kepala negara yang menggunakan pesawat pribadi, selebihnya para delegasi menggunakan pesawat komersil", tandasnya.