Terus Asah Kemampuan, Personel Ditsamapta Polda NTT Rutin Latihan Dalmas

Terus Asah Kemampuan, Personel Ditsamapta Polda NTT Rutin Latihan Dalmas
Terus Asah Kemampuan, Personel Ditsamapta Polda NTT Rutin Latihan Dalmas

Tribratanewsntt.com - Untuk meningkatkan kemampuan anggota, Ditsamapta Polda NTT, Selasa (16/11/2021) pagi tadi gelar pelatihan Pengendali Massa (Dalmas) di lapangan Ricky Sitohang Mapolda NTT.

Latihan Dalmas ini diawali dengan lari mengelilingi asrama Polda NTT yang dipimpin langsung oleh Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., guna meningkatkan fisik yang baik sebelum memulai latihan dalmas.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan latihan dalmas dengan materi dimulai dari latihan Dalmas Lanjut untuk kesiapsiagaan personil Dalmas dalam menghadapi massa pengunjuk rasa dengan tingkatan eskalasi massa pengunjuk rasa yang sudah tidak tertib atau berwarna kuning. Pelatihan kali ini menggunakan perlengkapan khusus Kepolisian mulai dari tameng, tongkat, serta senjata laras licin (flash ball) dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta di Back Up oleh 1 Peleton Raimas (Pengurai Massa) yang di pimpin oleh Bripka Dicson Lay. 

Sebanyak 60 personel Ditsamapta Polda NTT melaksanakan latihan Dalmas dipimpin oleh Kasubdit Dalmas Ditsamapta Polda NTT Kompol Alvianus Wabang dan Kasi Pasdal Subdit Dalmas Ditsamapta Polda NTT Kompol Matheus Anus, S.H., M.H., serta dilatih oleh para pelatih Dalmas Samapta yakni Iptu David Neto, Aiptu I Gede Wibawa, Aipda Khaesar Rohman dan Bripka Jody Toelle, S.H.

Direktur Samapta Polda NTT mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya latihan Dalmas kali ini untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam pengendalian massa.

“Personel Samapta harus siap siaga dalam upaya pengendalian massa, dibutuhkan keahlian dan kemampuan khusus, apalagi saat melakukan penghalauan terhadap aksi massa yang brutal, semua harus didukung dengan kemampuan personel termasuk sarana prasarana dan perlengkapan Dalmas“, ucap Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H.

Selain itu, menurut Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H., bahwa Ditsamapta Polda NTT harus selalu siap siaga, sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Kita akan maksimalkan pelatihan Dalmas kepada seluruh anggota Samapta selama beberapa kali ini dalam seminggu dua kali, dan kita akan terus tingkatkan kemampuan anggota, agar apabila terjadi aksi massa kita sudah siap dalam penanganannya”, tandasnya.

Dengan adanya latihan dalmas ini diharapkan seluruh personel Ditsamapta Polda NTT paham dan mengetahui tahapan-tahapan dalam Pengendalian Massa ( Perkap 16 Tahun 2006 ) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), serta mampu menerapkannya dilapangan.