Tingkatkan Kemampuan Anggota, Dirsamapta Polda NTT Pimpin Langsung Pelatihan Dalmas

Tingkatkan Kemampuan Anggota, Dirsamapta Polda NTT Pimpin Langsung Pelatihan Dalmas

Tribratanewantt.com - Personel Direktorat Samapta Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Ditsamapta Polda NTT) menggelar pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas).

Pelatihan ini langsung dipimpin oleh Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H di Lapangan Apel Mapolda NTT dengan melibatkan sebanyak 120 personel.

Ikut mendampingi Dirsamapta Polda NTT pada kegiatan pelatihan ini, Kasubdit Dalmas Kompol Alvinus Wabang dan kasipasdal Kompol Matheus Anus, S.H., M.H serta Perwira Ditsamapta Polda NTT. Sementara para instruktur terdiri dari Aiptu I Dewa Gede Wibawa dan Aipda Khaesar Rohman yang merupakan anggota Ditsamapta Polda NTT.

Dirsamapta Polda NTT Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H menyampaikan bahwa, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam menangggulangi aksi unjuk rasa.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” tutur Kombes Pol. Sudarmin, S.I.K., M.H.

Selain itu juga, untuk mengingatkan kembali dalam gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainnya yang terjadi di wilayah hukum Polda NTT.

“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,”jelas Dirsamapta Polda NTT.

Dikatakannya, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat dilapangan. Kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

Ia berharap dengan pelatihan ini, Pereonel Ditsamapta Polda NTT memahami akan tahapan-tahapan dalam tugas pengendalian massa di lapangan. 

“Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh anggota paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa", imbuhnya.